Cara Unggah Video 360 Derajat atau VR di YouTube

0
1133
Cara Upload Video 360 YouTube
Copyright©Phandroid

Trik Upload Video 360 di YouTube

Oketekno.com – Di YouTube kita bisa mendapatkan berbagai keseruan melalui macam-macam video yang tersaji di platform tersebut. Mungkin sebelumnya banyak yang belum mengetahui, akan tetapi setelah membaca ulasan mengenai Cara putar Video VR kemarin, semuanya jadi tau kalau di streaming video paling populer ini videonya tidak hanya bisa di tonton saja, melainkan juga dapat di nikmati serta digerakkan sesuai selera.

Akan tetapi sayang untuk saat ini masih sedikit konten video 360 derajat ini, sebab masih belum banyak kalangan yang tertarik untuk membuatnya bahkan ada yang belum tau caranya. Padahal kalau dibandingkan, video VR ini jauh lebih seru dibanding video biasa, sebab kita bisa explorasi wilayah sekitar.

Simak Nih: Trending Kurang Menjamin, Video YouTube Lebih Laku Ketika Ada Disini

Nah, bagi kalian yang ingin mengunggah video 360 derajat ke platform YouTube bisa coba ikuti cara khususnya berikut ini:

Video 360
Copyright©YouTube

Cara Upload Video 360 Derajat di YouTube

Untuk melakukan perekaman video seperti ini, kalian bisa menggunakan kamera khusus seperti LG 360 Cam, Ricoh Theta, Samsung Gear 360 maupun sejenisnya. Setelah video berhasil terekam, langkah berikutnya yakni:

  • Pindahkan file video yang berhasil kita rekam ke PC atau laptop untuk menuju ke langkah berikutnya.
  • Setelah itu kalian bisa download terlebih dahulu aplikasi 360 metadata injector
    Windows: https://github.com/google/spatial-media/releases/download/v2.0/360.Video.Metadata.Tool.win.zip
    Mac: https://github.com/google/spatial-media/releases/download/v2.0/360.Video.Metadata.Tool.mac.zip
  • Fungsinya adalah video kita supaya bisa dikenali oleh YouTube dengan format 360. Ekstrak file yang telah kita unduh tadi dan klik dua kali file yang berhasil kita ekstrak tadi untuk membukanya. Tidak perlu proses instalasi.
Cara Membuat Video 360 YouTube 1
Copyright©urbandigital
  • Jika aplikasi sudah berjalan, klik open dan pilih file video 360 kalian. Dengan begini aplikasi otomatis akan mendeteksi dan kalau berhasil maka akan muncul tanda centang “My video is spherical (360)”. Abaikan opsi lainnya, klik saja Inject metadata>> berikan nama file>> klik save.
Cara Membuat Video 360 YouTube 2
Copyright©urbandigital
  • Kalau semuanya sudah berhasil, tinggal kita unggah deh video 360 yang berhasil kita Inject tadi ke YouTube seperti biasanya. Dengan begitu video sudah bisa dinikmati sepuasnya oleh pengikut setia kalian.

Seperti itulah guys cara Upload video 360 derajat ke YouTube biar berfungsi maksimal dan dapat dinikmati sepuasnya oleh viewers. Selamat mencoba.

baca juga: Cara Nonton YouTube dan Browsing Secara Bersamaan dalam 1 Aplikasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.