Apple Memang Hebat Mampu Jual iPhone XS Max Rp 18 Juta, Padahal Aslinya?

0
1039
iPhone XS Max Dup
Copyright©USA Today

Biaya Produksi iPhone XS Max Ternyata Cuma Segini

Oketekno.com – Pada awal bulan September 2018 kemarin Apple telah sukses meluncurkan Smartphone terbarunya yang bernama iPhone XS, XS Max dan XR. Smartphone ini memang diklaim memiliki performa dan kualitas lebih baik jika dibandingkan dengan pendahulunya, namun harganya juga lebih mahal.

iPhone XS Max merupakan varian tertinggi dan kini menjadi ponsel termahal yang pernah diciptakan oleh Apple selama ini. Untuk banderolan harganya sendiri yakni mencapai US$ 1.099 atau setara dengan Rp 16.4 jutaan untuk model terendahnya yakni berbekal ROM 64GB. Dan untuk model tertingginya yang dibekali dengan ROM 512GB dijual senilai US$ 1.449 atau setara dengan Rp 21.5 jutaan.

Simak Nih: Sudah Mulai Dijual di Berbagai Negara, Ini Dia Model iPhone XS Paling Laris

Lantas, bagaimana produksinya? Apakah Apple memang benar-benar butuh pengeluaran yang banyak untuk menciptakan Smartphone tersebut? Sepertinya tidak, berikut estimasi biaya produksi Apple untuk membuat sebuah perangkat iPhone XS Max.

iPhone XS Apple Store
Copyright©Mobile News Online

Dari analisa yang dilakukan oleh TechInsights ternyata biaya yang dikeluarkan oleh Apple untuk membuat 1 perangkat iPhone XS Max 256GB adalah US$ 443 saja atau setara dengan Rp 6.6 jutaan. Kalau diperhitungkan lebih rinci, maka Apple memberikan harga 3x lipat lebih mahal dibanding harga produksi.

Ketahui Yuk: Apple Rilis Video Pemandu Penggunaan iPhone XS Series

Pertama untuk panel OLED seluas 6.5 inci, butuh US$ 80.50 untuk membelinya atau setara dengan Rp 1.2 jutaan. Kemudian untuk chipset yang digunakan yakni A12 Bionic juga cukup mahal, walaupun diproduksi sendiri Apple harus keluarkan US$ 72 atau setara dengan Rp 1 jutaan untuk 1 unitnya.

Kemudian untuk komponen lain seperti penyimpanan internal dan juga housing eksternal masing-masing diperkirakan memiliki harga US$ 64 (Rp 956.000an) dan US$ 58 (Rp 866.00an). Kemudian untuk persoalan kamera juga cukup mahal, yakni senilai US$ 44 (Rp 657.000an). Seperti itulah informasi yang telah didapat dari PhoneArena.

Sedangkan untuk ongkos produksinya yakni sekitar US$ 50 atau setara dengan Rp 749.000 untuk 1 unit iPhone XS Max. Walaupun begitu, pantas saja kalau Smartphone ini dibanderol dengan harga mahal sebab kualitasnya yang memang benar-benar menjamin. Belum lagi ongkos distribusi, pajak, pemasaran, dan lain sebagainya.

baca juga: Harga iPhone XS dan XS Max Mahal, Tapi Kok Jaringannya Begini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.