Apple Dapat Untung Besar Melalui Komponen iPhone XS Series Satu Ini

0
1135
iPhone XS Max 512
Copyright©Macrumors

Komponen Inilah yang Paling Menguntungkan Apple

Oketekno.com – Tepat pada tanggal 12 September 2018 kemarin Apple telah meluncurkan perangkat Smartphone iPhone generasi terbarunya bernama iPhone XS, XS Max dan XR. Ketiga model ini sama-sama membawa komponen chip yang sama, yakni Apple A12 Bionic. Akan tetapi untuk model XS dan XS Max memiliki internal ROM yang lebih besar.

Kedua model paling tingginya itu diketahui menjadi yang pertama dari perusahaan Apple yang memiliki varian internal ROM sebesar 512GB. Untuk harganya sendiri juga tidak biasa, perbedaan harga antara model 64GB saja mencapai US$ 350 atau setara dengan Rp 5 jutaan. Beda dengan Smartphone Android lainnya yang memiliki varian kapasitas penyimpanan yang sama.

Simak Nih: iPhone Xs Max Dinobatkan Miliki “Layar Terbaik” Kalahkan Samsung Galaxy Note 9!

Mengenai hal tersebut, pada analis industri telah mengungkap kalau harga ini tidak masuk akal sehingga menuduh pihak Apple mencari keuntungan tambahan dari komponen tersebut. Padahal untuk membuat memori internal saja tidak membutuhkan biaya yang besar.

iPhone XS Series
Copyright©Engadget

Para analis memperkirakan kalau Apple mengambil keuntungan sebesar USD 134 atau sekitar Rp 1.9 jutaan jika konsumen memilih model 512GB. Sebagaimana yang telah diungkap oleh Wayne Lam selaku menjadi analis dari HIS Markit, ia mengatakan kalau “Kapasitas memori besar adalah fitur paling menguntungkan, karena biaya produksinya kecil, hanya pertukaran chip. Bukan ukuran layar yang membutuhkan desain ulang.”

Selain itu, Ia juga membuat permisalan kalau Apple hanya butuh 25 sen per GB, akan tetapi harga jualnya 75 sen per GB. Terlebih sejak tahun 2017 komponen penyimpanan sudah mengalami penurunan harga. Dan sepertinya banyak konsumen yang telah menyadari kalau iPhone XS dan XS Max memiliki perbedaan harga jauh antara model 256GB dan 512GB.

Analis Ming-Chi Kuo telah mengungkap kalau iPhone XS Max model 256GB lebih laku, sedangkan untuk model 512GB tidak akan bertahan lebih lama lagi. Diperkirakan konsumen lebih percaya terhadap Samsung Galaxy Note 9 kalau persoalan model penyimpanan yang besar.

baca juga: Apple Memang Hebat Mampu Jual iPhone XS Max Rp 18 Juta, Padahal Aslinya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.