Produksi iPhone Xr Tersandung Masalah di Manufaktur, Apa Solusi Apple?

0
637
Harga iPhone XR
Copyright©MacStories

Kesandung Masalah Pada Manufaktur, Produksi iPhone Xr Kini Dipegang Foxconn!

OKETEKNO.COM – Pabrikan smartphone Apple telah resmi meluncurkan tiga iPhone 2018 besutannya yang terdiri dari iPhone Xs, iPhone Xs Max dan iPhone Xr. Untuk model iPhone Xs series memang dibanderol dengan harga lumayan tinggi dibekali dukungan dual kamera belakang berbeda dengan Xr yang hadir sebagai versi terjangkau dalam usungan kamera tunggal. Dengan harga lebih terjangkau iPhone Xr siap menjadi pilihan gadget terbaru Apple dengan harga bersahabat. Namun kabarnya produksi perangkkat tersebut mengalami kendala di sektor manufaktur.

Perlu diketahui dalam pembuatan iPhone Xr sendiri Apple menunjuk dua manufaktur yang memproduksinya yaitu Pegatron dan Foxconn. Namun Pegatron selaku kontraktor utamanya mengalami sedikit masalah sehingga membuat rakasasa teknologi asal Cupertino, Amerika Serikat ini meradang.

Baca Juga Apple Dapat Untung Besar Melalui Komponen iPhone XS Series Satu Ini

Kendala tersebut membuat Apple terpaksa mengalihkan produksi iPhone Xr ke Foxconn sekaligus menunjuknya sebagai kontraktor utama yang membuat iPhone 2018 dengan harga lebih terjangkau dalam balutan panel LCD itu. Lantas apa masalah yang dialami Pegatron dalam memproduksi iPhone Xr sehingga Apple harus mengalihkan pembuatan perangkat terbarunya itu?

Memang awalnya Pegatron mendapatkan kepercayaan Apple untuk memproduksi smartphone iPhone Xr sebagai versi terjangkau sekitar 50 sampai 60 persen. Sementara produksi sekitar 30 persen akan dilakukan oleh Foxconn. Namun lantaran ada masalah terkait pengiriman komponen kunci dan kapasitas yang tertunda, akhirnya Apple mengambil tindakan untuk mengalihkan pesanan tersebut ke manufaktur kedua yakni Foxconn.

iPhone XR
Copyright©Apple

Saat ini Pegatron sendiri hanya memegang tidak lebih dari 30 persen produksi iPhone Xr dari Apple. Untuk itulah Pegatron harus dapat berupaya keras supaya pihaknya dapat memenuhi pesanan Apple untuk memproduksi versi termurah dari iPhone 2018 ini. Padahal untuk diketahui, Pegatron sendiri saat ini juga kesandung masalah lantaran kekurangan karyawan di pabriknya yang berada di China.

Masalah iPhone Xr tak berhenti disitu saja karena masalah lainnya juga muncul ke permukaan yang membuat pabrikan yang digawangi Tim Cook ini meradang. Masalah tersebut adalah pasokan layar IPS LCD yang digunakan pada perangkat ini tidak stabil dari penyedianya yakni Japan Display (JDI). Hal ini tentu saja memicu pertanyaan dari banyak pihak, akankah Apple dapat mengatasi semua masalah terkait produksi iPhone versi murahnya ini?

Baca Juga iPhone Xs Max Dinobatkan Miliki “Layar Terbaik” Kalahkan Samsung Galaxy Note 9!

Seperti yang kita ketahui bersama, pihak Apple telah resmi memasarkan iPhone Xs dan iPhone Xs Max sejak 21 September 2018 lalu. Sementara untuk pemasaran iPhone Xr baru akan dijual di paaran papda 26 Oktober 2018 mendatang dengan harga lebih murah sebagai vesi terjangkaunya.

Spesifikasi iPhone Xr sendiri hadir dengan layar seluas 6.1 inci dengan panel LCD yang cukup cemerang dalam resolusi 828 x 1792 pixels. Perangkat ini menjalankan iOS 12 dengan dipersnejatai chipset tangguh Apple A12 Bionic dimana menawarkan tiga varian memori internal yaitu 64GB, 128GB dan 256GB. Perangkat ini kabarnya akan dibanderol dengan harga paling murah mulai USD 750 atau setara Rp 11 jutaan per unitnya.

Baca Juga Hsst! Ini Bocoran Tanggal Perilisan iPhone XS, XS Max dan XR di Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.