iPhoneXS Max dan XS Memiliki Dua Fitur Tersembunyi yang Cukup Penting Lho!

0
475
iPhone XS dan iPhone XS Max
Copyright ©Apple

Fitur Tersembunyi di iPhone XS dan iPhone XS Max ini Perlu Anda Ketahui!

OKETEKNO.COM – Pabrikan smartphone Apple diketahui telah resmi meluncurkan iPhone 2018 terbaru yang memiliki spesifikasi premium. Perangkat yang baru dirilis itu adalah iPhone XS dan iPhone XS Max dimana didukung sejumlah fitur baru yang cukup menjanjikan. Namun selain sejumlah fitur yang dibeberkan oleh Apple pada peluncurannya, masih ada fitur tersembunyi yang cukup penting dimana jarang diketahui oleh pengguna. Fitur apa?

Bersumber dari viewer di Anandtech dan juga peneliti dari National Tsing-Hua University, Taiwan telah menemukan dua fitur tersembunyi di iPhone XS dan iPhone XS Max yang penting dimana dilansir dari laman Forbes pada Senin (8/10/2018). Mereka berpendapat bahwa Apple nampaknya sedikit meremehkan fitur tersebut padahal ini menjadi perbaikan yang cukup serius dibandingkan iPhone generasi sebelumnya.

Baca Juga Penjelasan Pengembang Aplikasi iOS Soal Kamera Selfie iPhone XS yang Keterlaluan

Saat peneliti Tsing-Hua University menguji perangkat iPhone XS Max, pihaknya melihat layar OLED terbaru yang dibenamkan secara ilmiah lebih sehat dan aman untuk mata dibandingkan dengan layar LCD yang dibenamkan pada model iPhone pendahulunya. Hal ini tetunya menjadi kelebihan tersendiri apalagi bagi pengguna yang gemar berlama-lama menatap layar perangkat.

Dari hasil tes yang dilakukan menunjukkan bahwa model iPhone XS Max mampu menghasilkan 20 persen Maximum Permissible Exposure (MPE) yang memang lebih tinggi dibandingkan dengan model iPhone 7. Untuk diketahui MPE sendiri merupakan waktu sebelum retina akan meradang lantaran paparan layar perangkat.

iPhone XS & XS Max
iPhone XS & XS Max Copyright©

Sementara itu iPhone XS Max mempunyai skor MSS (Melotonin Suppression Sensitivy) yang lebih rendah 20,1 persen dibandingkan dengan iPhone 7. MSS sendiri pada dasarnya merupakan ukuran cahaya biru, eksposure yang mampu mengganggu ritme sirkadian serta dapat dengan aktif merusak sel-sel maya.

Kesimpulannya, Tsing-Hua University mengungkapkan bahwa iPhone XS Max terbukti mempunyai layar yang lebih baik untuk kesehatan mata penggunanya. Dengan demikian layar iPhone terbaru ini mampu meminimalisir lelah mata sehingga lebih nyaman jika digunakan berlama-lama bermain game dan memutar konten multimedia.

Baca Juga iOS 12.1 Beta 2 Siap Jadi Solusi Masalah Charging Baterai iPhone Terbaru!

Di sisi lain Anandtech berhasil mematahkan klaim Apple terkait chipset Apple A12 Bionic yang mempunyai kinerja 15 persen lebih cepat dibandingkan pada A11 Bionic dimana klaim itu adalah salah. Pasalnya diketahui bahwa processor A12 Bionic di iPhone XS Max bahkan 40 persen lebih cepat dari pendahulunya dan mampu menyaingi sejumlah CPU desktop sekalipun.

Bukan hanya itu saja, Anandtech juga menemukan bahwa chip A12 Bionic pada iPhone XS Max dan iPhone XS mempunyai perubahan struktural utama pada inti CPU serta kompresi memori di GPU yang dibawakan. Sementara untuk sistem cache mempunyai perubahan terbesar semenjak diumumkan di A7. SoC Apple ini dinilai memiliki efiesiensi energi yang lebih baik dibandingkan SoC Android yang terbaru sekalipun.

Kesimpulannya, Anandtech mengungkapkan bahwa chip A12 Bionic memiliki kinerja 40 persen lebih baik dibandingkan pendahulunya dan GPU yang lebih mumpuni. Tentunya dua fitur tersembunyi ini perlu diketahui oleh para pengguna iPhone XS dan iPhone XS Max.

Baca Juga iPhone Xs, Xs Max dan Xr Kantongi Sertifikat TKDN, Segera Dirilis di Indonesia!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.