Berusaha Mengurangi Penyebaran Hoax, Facebook Bagikan 10 Tips Ini!

0
532
Facebook Hoax
Copyright ©Gaggle

10 Tips Terhindar dari Hoax dari Facebook

Oketekno.com – Sebagai layanan media sosial paling populer di Dunia, Facebook juga sering dijadikan ladang bagi para penyebar Hoax dengan mudahnya. Banyaknya pengguna inilah, penyebaran informasi palsu di layanan FB bisa dilakukan dalam waktu yang instant.

Pihak Facebook sendiri sebenarnya sudah melakukan berbagai macam upaya untuk menangkal penyebaran berita Hoax itu sendiri. Akan tetapi masih belum mampu membasmi 100% sehingga perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg tersebut memberikan edukasi langsung kepada pemirsa tentang trik menangkal Hoaks.

Simak Nih: Facebook Messenger Bakal Bisa Jalan Sendiri Tanpa Disentuh

Dengan begini, pihak pengembang berharap jika pihaknya tidak mampu mengatasi sepenuhnya, paling tidak pemirsa dapat mengetahui sendiri apakah berita tersebut hoax atau tidak sehingga penyebaran berita Palsu bisa dicekal. Mau tau tips yang dibagikan oleh Facebook tersebut? Simak ulasan lengkapnya disini.

Hoax Facebook
Copyright ©Citrust
  1. Jangan Langsung Percaya dengan Judul

Pengguna disarankan untuk membaca keseluruhan berita dengan cermat dan teliti sebelum akhirnya disebarkan. Jangan judulnya saja.

  1. Cek Alamat Situs/URL

Berita Hoax sering tersebar di situs yang kurang populer dan tidak resmi. Untuk menangkal Hoax, pengguna disarankan untuk memeriksa dan membandingkan dengan berbagai sumber terpercaya terlebih dahulu. Hati-hati, sebab situs palsu akan dibuat semirip mungkin dengan situs resmi.

Ketahui Yuk: Tutup Akun Permanen di Facebook Kini Semakin Lama

  1. Cari Tahu Sumbernya

Di setiap berita biasanya akan tertera sumbernya, telusuri dan periksa sumber tersebut apakah memang ada dan bisa dipercaya? Kalau memang kalian tidak mengenal sumber tersebut, bisa lihat menu “Tentang/About” untuk melihat latar belakangnya. Kalau ada yang mencurigakan bisa dipastikan itu adalah situs palsu.

Hoax
Copyright ©Response
  1. Penulisan Format Berita

Mungkin ini bagi yang memahami bahasa saja, sebab berkaitan dengan kesalahan tanda baca seperti koma, titik, huruf kapital, dan kesalahan lain. Untuk melakukan pemeriksaan ini juga harus dilakukan dengan teliti.

  1. Cek Kebenaran Foto

Hampir semua berita pasti memiliki foto, untuk memastikan apakah berita itu benar atau tidak, kalian bisa langsung unggah foto tersebut ke pencarian Google, apakah ada sumber resmi dan terpercaya mengunggah foto itu atau tidak. Bila Ada, kalian bisa mengunjungi situs terpercaya tersebut untuk melihat fakta sebenarnya.

  1. Lihat Tanggal Pembuatan Berita

Tanggal adalah hal penting dari berita. Periksa dan cocokkan tanggal edar berita dengan waktu kejadian serta berbagai isu di dalamnya. Hal ini dikarenakan tanggal bisa diubah dengan mudah oleh admin sehingga cek fakta kebenaran perlu dilakukan.

Kemudian untuk beberapa tips lainnya dari Facebook yakni Cek Bukti atau Detail Pendukung, Kroscek dengan Berita Lain, Periksa Keseriusan Berita, dan Pelihara Sikap Kritis.

baca juga: Fitur Peta Milik Facebook Mirip Snapchat, Seperti Apa Ya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.