Akun WhatsApp Rentan Diambil Alih Lantaran Bug Ini, Berikut Cara Mencegahnya!

0
2181
Hack WhatsApp
Copyright©H4cK3R TrIcKs

Pengambilan Alih Akun WhatsApp yang Membahayakan

Oketekno.com – Sekarang ini WhatsApp menjadi salah satu layanan pesan instant yang begitu populer hampir di seluruh pengguna perangkat Smartphone berbagai platform. Dikarenakan jumlah penggunanya yang begitu banyak inilah membuat layanan tersebut sering dijadikan sasaran empuk peretasan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Apalagi ketika dikabarkan tengah mengalami bug, maka para Hacker berkesempatan untuk mengambil seluruh data yang dianggap bermanfaat bagi dirinya. Dan belum lama ini juga ada informasi yang memperingatkan peretasan baru yang bisa melihat akun dan pesan secara keseluruhan.

Simak Nih: Last Seen WhatsApp yang Disembunyikan Pasti Ketahuan dengan 2 Aplikasi Premium Ini

Sebagaimana informasi yang dilansir dari laman Digital Spy, pakar keamanan yang berasal dari Sophos telah merinci ancaman potensial bagi seluruh pengguna WhatsApp. Ia memberikan penjelasan kalau peretas bisa memanfaatkan pengaturan standar yang tidak berubah untuk mengendalikan akun seolah-olah mereka adalah pemilik akun tersebut.

Hack WhatsApp as
Copyright©techzim

Para peneliti telah mengatakan kalau peretas hanya butuh nomor telepon korban saja untuk mendapatkan akses akun dan pesan WhatsApp pribadinya. Dengan begitu berbagai informasi penting yang ada didalamnya juga bakal terekspos. Lalu bagaimana supaya akun tetap aman?

Ketahui Yuk: 5 Fitur Baru WhatsApp yang Siap Dirilis Secara Global

Salah satu cara termudah yang bisa dilakukan oleh para pengguna untuk melindungi akunnya yakni mengaktifkan autentikasi dua faktor di WhatsApp langsung. Pertama kalian bisa klik tiga titik yang berada di pojok kanan atas dan masuk menu pengaturan>> Akun>> Verifikasi>> dua langkah>> Aktifkan.

Perlu diketahui bahwa untuk cacat keamanan ini pertama kali telah ditemukan tahun lalu, akan tetapi baru-baru ini mendapatkan perhatian publik. Bahkan ini juga ada kaitannya dengan pelanggaran keamanan utama Facebook yang melibatkan 90 juta akun.

Guy Rosen selaku menjadi wakil presiden Facebook telah memberikan konfirmasi lebih banyak rincian dalam postingan blog. “Penyerang mengeksploitasi kerentanan dalam kode Facebook yang berdampak pada fitur “View As”, fitur yang memungkinkan orang melihat seperti apa profil mereka sendiri bagi orang lain.” Begitulah penjelasan yang dituliskan dalam blog.

Jadi untuk kerentanan keamanan WhatsApp ini juga bisa berdampak pada akun Facebook mereka masing-masing sebab kedua platform ini juga memiliki keterkaitan.

baca juga: WhatsApp Android Sudah Mulai Disusupi Iklan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.