Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro Resmi Dirilis, Seberapa Canggih Sih?

0
804
Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro
Copyright©PCMag

Resmi Meluncur, Ini Harga Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro!

OKETEKNO.COM – Beberapa minggu belakangan ini memang jagat internet santer memberitakan smartphone terbaru Huawei yang berada di lini Mate-series. Dua smartphone flagship yang dikembangkan sang vendor adalah Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro dimana keduanya membawa spesifikasi canggih serta sama-sama diotaki chipset terbaru HiSilicon Kirin 980. Hadir dengan dukungan sejumlah fitur keren termasuk kamera menjanjikan dimana dilepas dengan banderolan harga menyasar segmen pasar kelas atas dengan label harga tidaklah murah.

Huawei Mate 20 Pro

Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro hadir dengan mengunggulkan layar dan kamera canggih. Untuk model Mate 20 pro dikemas dengan layar OLED melengkung dalam diagonal seluas 6.39 inci dimana membawakan resolusi 1440 pixels. Bahkan layar phablet ini juga dikemas dalam fitur HDR siap menyajikan tampilan jernih dan tajam. Desainnya juga dikemas stylish dan modis dimana membawakan dukungan layar poni serta varian warna casing menawan.

Baca Juga Pengisian Daya Huawei Mate 20 Series Bakal Jadi yang Tercepat di Dunia?

Sama seperti bocoran yang beredar sebelumnya Huawei Mate 20 Pro ini menawarkan dukungan triple kamera belakang yang memiliki konfigurasi canggih 40MP Quad Bayer + 20MP + 8MP sehingga menghasilkan hasil bidikan canggih.Perlu diketahui kamera 40MP Quad Bayer sebagai lensa wide angle dengan bukaan lensa f1.8 sementara sensor 20MP hadir sebagai lensa ultra-wide dengan bukaan lensa f2.2 dan kamera 8 MP hadir sebagai lensa telefoto dengan bukaan lensa f2.2 aperture.

Yang cukup menarik dari triple kamera Huawei Mate 20 Pro ini adalah dapat melakukan pemotretan makro dari jarak 2.5 cm. Bukan hanya itu saja untuk kemampuan video kamera yang dibawakan telah disokong AI Cinema Mode sehingga mampu menyesuaikan warna, saturasi serta kecerahannya. Kamera pada phablet android ini didukung AI Camera yang mampu mendeteksi video yang mirip serta mengekstrak beberapa bagian video untuk membuat cuplikan selama 10 detik.

Mate 20 Pro
Copyright©Huawei

Sementara untuk kebutuhan selfie, Huawei Mate 20 Pro dibekali kamera depan yang cukup menarik dengan resolusi 24 MP dalam bukaan lensa f2.0 aperture. Kamera selfie tersebut juga mampu memindai titik wajah 3D untuk membuka kunci layar dalam fitur Face Unlock. Kamera depannya juga dapat digunakan untuk merekam video selfie serta aktivitas video call dan video chatt.

Nilai jual utama Huawei Mate 20 Pro ini adalah bekalan fingerprint sensor yang tertanam di layarnya. Fitur keamanan biometrik ini bahkan memiliki tingkat sensitivitas tinggi pada tekanan yang menjadi inovasi menarik yang ditawarkan Huawei untuk konsumennya. Kelebihan Mate 20 Pro ini juga dibekali sertifikasi IP68 yang membuat bodinya tahan debu dan tahan air. Tak ketinggalan ada speaker stereo untuk mendongkrak audionya dengan desain menarik. Memang tidak terlihat ada lubang speaker di bodi bawah namun keluaran audionya disemburkan dari port USB type-C yang dimiliki.

Baca Juga Gambar Ini Ungkap Bakal Ada Varian Huawei Mate 20 “Stylus” dengan Layar Lebih Besar?

Sementara itu spesifikasi Huawei Mate 20 Pro ini menjadi smartphone pertama dengan teknologi SuperCharge terbaru dimana didukung ddaya 40W yang mampu mengisi 70 persen baterainya dalam waktu setengah jam. Baterainya berkapasitas 4200 mAh dimana fitur pengisiannya dijamin aman digunakan pengguna. Tak ketinggalan ada fitur Wireless Quick Charge 15W yang mampu mengisi baterai dari nol sampai 30 persen hanya dalam waktu 30 menit. Bahkan dibekalkan pula fitur Wireless Reverse Charging sehingga dapat digunakan mengisi daya baterai ponsel lainnya.

Konektivitas yang dibawakan phablet ini juga lengkap didukung Dual Band GPS dan Dual VoLTE. Sayangnya Huawei tak menggunakan kartu microSD untuk memperbesar ruang penyimpanan namun namun kartu memori model terbaru yaitu Nano Memory Card.

Huawei Mate 20

Sementara untuk model Huawei Mate 20 ini hadir dengan layar LCD datar seluas 6.53 inci beresolusi FullHD+. Hanya saja perbedaannya adalah pada resolusi tiga kamera belakang. Mate 20 memiliki pengaturan triple kamera 12 MP ultra wide (f1.8)  + 16 MP wide (f/2.2) + 8MP telephoto (f/2.4). Didukung pula mode macro 2.5 mm dan dukungan AI Camera sama seperti pada Mate 20 Pro. Sedangkan untuk kebutuhan selfie membawakan kamera depan 24 MP yang tertanam di poni waterdropnya. Sayangnya Mate 20 reguler ini tidak dibekali sensor pemindai wajah 3D dimana dukungan fingerprintnya terletak di bodi belakangnya.

Huawei Mate 20
Copyright©Gadgets.NDTV

Spesifikasi Huawei Mate 20 ditenagai baterai berdaya 4000 mAH dengan teknologi SuperCharge 22.5W tanpa fitur pengisian daya nirkabel atau wireless charging. Pengisian daya dilakukan melalui port USB Type-C yang dimiliki. Berbeda dengan Mate 20 Pro, model ini masih membawakan port jack audio 3.5 mm tanpa speaker stereo. Perbedaan lainnya, Mate 20 ini juga tidak dibekali sertifikasi IP68 sehingga tidak dapat leluasa digunakan didalam air.

Smartphone Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro ini sama-sama dipersenjatai chipset HiSilicon Kirin 980 dengan teknologi 7nm pertama dalam arsitektur Cortexx-A76 ARM. Chip yang dibangun dari 6.9 miliar transistor ini diklaim mampu membawa peningkatan 60 persen lebih unggul dari pendahulunya berkat dukungan core-A76. Sang vendor mengklaim Kirin 980 membawa peningkatan 75 persen kinerja, 58 persen efisiensi daya dibandingkan core A73 pada Kirin 970.

Processor Huawei Mate 20 dan mate 20 Pro yakni Kirin 980 dirancang denga tiga tingkat yakni dua A76 sebagai inti besar, dua A76 inti mennegah dan empat A55 sebagai inti kecil. Kedua phablet digerakkan dengan sistem operasi Android Pie 9.0 dengan dipermanis antarmuka EMUI 9.0. Chipset yang dibawakan memiliki NPU ganda sehingga mampu menjalankan semua tugas berbasis kecerdasan buatan AI (Artificial Intelligence).

Nano Micro Card Huawei 20
Copyright©Huawei

Harga Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro

Smartphone Mate 20 ini hadir dalam dua varian RAM 4GB dan 6GB serta kapasitas internal 128GB. Harga Huawei Mate 20 dilepas mulai EUR 800 atau Rp 14 jutaan (RAM 4GB) dan EUR 850 atau setara Rp 15 jutaan (RAM 6GB).Sementara untuk harga Huawei Mate 20 Pro dibanderol dengan label EUR 1050 atau setara Rp 18 jutaan dalam satu varian yakni RAM 6GB dengan storage 128GB.

Vendor asal Tiongkok ini bermitra dengan Toshiba dimana memperkenalkan format kartu memori Nano terbaru dimana diharapkan mendapat dukungan SD Alliance serta menjadikan kartu memorinya memiliki standar global. Untuk saat ini kartu terbaru pada Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro mampu menampung data tambahan pengguna hingga 256 GB. Tertarik ?

Baca Juga Hore! Pembaruan Android Pie Mulai Digulirkan untuk Huawei P20 Pro!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.