6 Langkah Mudah Membuat Anotasi di YouTube

0
324
Youtube BG
Copyright©MakeUseOf

Trik Membuat Anotasi Dalam Video YouTube

Oketekno.com – Hampir setiap kalangan pastinya mengetahui tentang layanan YouTube. Yups, salah satu layanan media streaming satu ini menjadi yang paling populer di semua kalangan, hal itu dikarenakan banyak yang puas akan berbagai konten video tersaji di dalamnya, sebab memang konten kreator yang berpartisipasi mengembangkan platform ini juga ada banyak sekali.

Mungkin kalian adalah salah satu konten kreator tersebut, namun masih pemula? Jika iya, kalian harus tau kalau anotasi itu penting sekali untuk membuat video YouTube terlihat lebih keren dan juga bisa memancing view lebih banyak lagi. Melalui anotasi ini, kita dapat menambahkan kata maupun judul + link ke video lainnya loh.

Simak Nih: Cara Tampilkan Terjemahan Video YouTube di PC dan Smartphone

Sudah semakin penasaran kan tentang bagaimana cara membuat anotasi di platform YouTube ini? Yuk, langsung saja simak pembahasan 6 langkah mudahnya berikut ini.

Anotasi YouTube
Copyright©Anakostv

Cara Membuat Anotasi di Dalam Video YouTube

  1. Buka YouTube

Hal pertama yang musti dilakukan yakni membuka laman youtube terlebih dahulu kemudian menuju ke Channel kalian. Setelah itu buka salah satu video dari channel kalian dan setelah berjalan, klik ikon menu Annotations.

6 Langkah Mudah Membuat Anotasi di YouTube 1
Copyright©dailysocial
  1. Proses Awal

Pada pilihan kali ini, kalian sudah bisa memulai proses pembuatan anotasi. Perhatikan tampilan pop up yang muncul setelah klik Annotations. Kalian akan menemukan Add Annotation pada menu paling atas, klik menu tersebut dan pilih jenis anotasi yang diinginkan. Kita coba Speed Bubble.

Ketahui Yuk: 4 Cara Streaming Video YouTube di TV

6 Langkah Mudah Membuat Anotasi di YouTube 2
Copyright©dailysocial
  1. Isi Anotasi

Kemudian pada panel sebelah kiri video nantinya akan muncul kotak kosong, silahkan isi dengan kalimat yang ingin menjadi headline anotasi di kotak Speech Bubble. Kira-kira seperti inilah hasilnya.

6 Langkah Mudah Membuat Anotasi di YouTube 3
Copyright©dailysocial
  1. Proses Kustomisasi

Agar tampak lebih menarik, kalian bisa mengubah warna kotak pada area anotasi sesuai selera, tepat pada bawah kotak pengisian ada beragam pilihan. Selain itu, kalian juga bisa mengubah ukuran anotasi yang muncul langsung dalam video.

6 Langkah Mudah Membuat Anotasi di YouTube 4
Copyright©dailysocial
  1. Atur Waktu

Tidak kalah penting juga, kalian juga harus tepat meletakkan anotasi di part time tertentu agar tidak mengganggu. Dibawah opsi custom terdapat rentang waktu kapan anotasi muncul dan berakhir.

Simak Nih: 5 Aplikasi Youtube Downloader Terbaik di Android

6 Langkah Mudah Membuat Anotasi di YouTube 5
Copyright©dailysocial
  1. Tambahkan Link

Jika ingin menyematkan video lain atau link apapun, berikan tanda centang pada opsi Link, dan masukkan tautan yang ingin dimasukkan dalam video. Kalau sudah berhasil di tambahkan, kalian akan melihat perubahan pada kotak anotasi berupa ikon berpindah laman.

6 Langkah Mudah Membuat Anotasi di YouTube 6
Copyright©dailysocial

Seperti itulah guys kira-kira langkah mudah membuat anotasi di YouTube yang bisa kalian coba terapkan sendiri pada Channel kalian. Selamat mencoba.

baca juga: 4 Cara YouTube Aman Untuk Anak yang Wajib Orang Tua Ketahui

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here