YouTube Sempat Error, Negara Inikah Penyebabnya?

0
297
youtube down
Copyright©Tribunnews

Pakistan Jadi Penyebab Tumbangnya YouTube, Kok Bisa?

Oketekno.com – Bagi kalian yang setiap hari mengakses YouTube tentunya sudah pada mengetahui kalau beberapa waktu lalu layanan media streaming paling populer di Dunia ini sempat tumbang dalam waktu yang cukup lama di sebagian besar pengguna di Dunia termasuk Indonesia pastinya. Banyak yang penasaran, apakah penyebab tumbangnya layanan milik Google ini?

Dari informasi yang dilansir dari Khaleej Times, telah disebutkan kalau tumbangnya layanan YouTube tersebut telah disebabkan oleh proses pengalihan Internet Protokol (IP) selama kurang lebih dari 2 jam. Tentu ini akan menjadi permasalahan yang cukup serius bagi sebagian besar kalangan, khususnya bagi mereka yang aktif mengakses layanan tersebut setiap harinya.

Simak Nih: Cara Tampilkan Terjemahan Video YouTube di PC dan Smartphone

Menanggapi permasalahan yang terjadi ketika itu, juru bicara YouTube telah mengatakan kalau “Banyak pengguna di seluruh dunia tidak dapat mengakses situs kami. Kami menduga bahwa sumber dari peristiwa ini adalah jaringan internet di Pakistan. Kami sedang menyelidiki dan bekerja dengan komunitas internet untuk mencegah peristiwa semacam ini terulang.”

Down
Copyright©Tribunnews

Tidak hanya berasal dari pernyataan resmi dari pihak YouTube saja, beberapa sumber juga yakin kalau permasalahan yang dialami oleh layanan media Streaming tersebut telah disebabkan oleh kerusakan yang terjadi di Pakistan Telecom.

Diduga kalau perusahaan komunikasi lokal Pakistan telah melakukan pembajakan IP milik YouTube dan mengarahkan ke platform mereka. Perusahaan telekomunikasi asal Hongkong bernama PCCW yang telah menyediakan jaringan internet di Negara tersebut telah mengarahkan lalu lintas internet ke jaringan yang terblokir sehingga mengakibatkan banyak pengguna mendapatkan IP yang sesat.

Perlu diketahui juga bahwa ini bukan kali pertama terjadi pada YouTube. Sebelumnya di tahun 2008 silam hampir 2/3 pengguna di seluruh Dunia juga tidak bisa mengaksesnya. Hal tersebut terjadi dikarenakan Pakistan telah memberlakukan larangan terhadap media streaming ini atas materi ofensif. Dengan begitu pengguna yang ada di wilayah Turki, Thailand, dan juga Timur Tengah tidak bisa mengakses Youtube.com.

baca juga: 4 Trik YouTube yang Bisa Bikin Streaming Kalian Makin Seru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here