Ditinggal Penggunanya, Segini Kerugian LINE

0
1005
Aplikasi LINE Corp
Copyright©Kumparan

Laporan Kerugian LINE Corp.

Oketekno.com – Sebagian besar kalangan tentunya sudah tidak asing lagi ketika mendengar aplikasi LINE. Yups, salah satu layanan pesan instant sekaligus sosial media satu ini dulunya begitu populer dan terkenal oleh para pengguna Smartphone. Akan tetapi tingkat popularitasnya terus mengalami penurunan.

Walaupun untuk saat ini beberapa masih diketahui menggunakan aplikasi ini, akan tetapi tidak sebanyak yang dahulu. Dan belum lama ini platform Messaging yang berbasis di Jepang tersebut telah melaporkan kerugian yang cukup tragis selama Kuartal 2018 kemarin.

Ketahui Juga: Ada Stiker Bangijal TV di Aplikasi LINE, Berikut Harga dan Cara Downloadnya

Perusahaan tidak bisa mencegah kerugian lantaran pendapatan dalam bisnis pesan intinya telah mengalami penurunan yang drastis, selain itu pertumbuhan pengguna di luar Negeri juga terus menurun. Lantas, berapakah kerugian yang didapat?

Line Corp
Copyright©YouTube

Dari keterangan resmi yang dilaporkan, telah diketahui kalau pihak perusahaan LINE Corporation telah mengalami kerugian bersih sebesar JPY 9.6 Miliar atau setara dengan US$ 85.4 juta. Sedangkan untuk keuntungannya cuman JPY 1.64 Miliar, jauh lebih kecil ketimbang kerugian. Kemudian untuk Margin operasi pada dua segmen bisnis utamanya juga mengalami penurunan dari 27.1 persen, kini menjadi 13.4 persen saja.

Simak Juga: Cara Mematikan Aplikasi LINE Sementara di Android

Memang sih untuk pendapatan secara keseluruhan mengalami peningkatan 16.9 persen dari tahun ke tahun hingga kini menjadi JPY 51.9 miliar, akan tetapi penjualan bisnis konten dan komunikasi inti mengalami penurunan menjadi 2.1% saja sehingga kini menjadi JPY 17.7 miliar. Kemudian pendapatan pesan juga mengalami kemerosotan 8% sehingga menjadi JPY 6.9 miliar.

Disisi lain, masih ada beberapa sektor penyelamat, sebesar 34% pendapatannya berasal dari pertumbuhan datar penjualan konten selama 5 tahun berturut di JPY 9.9 miliar. Kemudian yang masih terus mendapatkan keuntungan adalah bisnis periklanan yang mengalami pertumbuhan menjadi JPY 26.9 miliar, dimana untuk 52% diantaranya yakni merupakan omset konsolidasi. Dan untuk keuntungan ini 71% didapatkan dari Jepang sendiri.

Meski di beberapa wilayah mengalami kemerosotan pengguna, Indonesia masih cukup stabil, sebab berbagai inovasi terbaru yang hadir di Aplikasi LINE masih menarik perhatian masyarakat lokal, dan salah satunya yakni sticker yang lucu dan menarik.

baca juga: 4 Alasan Aplikasi LINE Lebih Diminati Kalangan Remaja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.