Smartfren Hadirkan Jaringan 4G+, Ini Bedanya dengan 4G!

0
816
Smartfren 4G+
Copyright©TribunNews

Melihat Peningkatan 4G+ Jaringan Smartfren

Oketekno.com – Untuk memajukan kualitas jaringan internet di Indonesia, berbagai pihak operator telekomunikasi Tanah Air terus berusaha mengembangkan kualitas jaringan miliknya. Dan salah satunya yakni Smartfren dimana operator ini diketahui baru saja mengkomersialkan jaringan 4G+ yang diklaim lebih berkualitas jika dibandingkan dengan 4G.

Dari penamaannya saja sudah terlihat dengan jelas kalau jaringan ini benar-benar berkualitas, yakni dengan penambahan “+” di belakangnya. Menurut Munir Syahda Prabowo selaku menjabat sebagai VP Technology Relations and Special Project Smartfren telah mengungkap kalau kedua jaringan terbaiknya ini memang sama-sama menggunakan pita frekuensi 850 MHz dan 2.300 MHz.

Simak Nih: 6 Aplikasi TV Offline Terbaik di Android Gratis Tanpa Internet

Meski menggunakan pita frekuensi yang sama, akan tetapi untuk kelengkapan fitur layanan komunikasi yang ditawarkan lebih banyak 4G+, dan salah satunya termasuk implementasi teknologi Voice over LTE atau biasa kita sebut dengan VoLTE.

VP Smartfren
Copyright©Detik

Perlu diketahui bahwa untuk saat ini Smartfren menjadi operator telekomunikasi pertama di Indonesia yang telah mengkomersialkan layanan tersebut untuk para pelanggannya. Berkat adanya layanan terbaru kali ini, maka sistem operasionalnya juga semakin canggih yakni mampu melakukan pengendalian situasi dan kondisi jaringan secara real time. Berkat adanya layanan ini maka para pengguna bisa merasakan kualitas jaringan yang lebih baik dan nyaman pastinya.

Ketahui Yuk: Cara Nonton Video di YouTube Go Gratis Tanpa Kuota Internet

Selain itu, Munir juga mengatakan kalau ada 4 teknologi ‘tambahan’ pada 4G Plus ini, diantaranya yakni Massive Carrier Aggregation (CA), Multi Input Output Antenna (MiMo), Quadratur Amplitude Modulations (QAM), dan juga Beam Forming (8T8R).

Pada intinya semua teknologi tersebut memiliki fungsi untuk meningkatkan kecepatan dan juga stabilitas traffict data 4G dengan penggabungan teknologi kanal frekuensi secara dinamis, menambah gerbang I/O di setiap BTS, dan juga pengaturan transportasi paket datanya yang bisa lebih efektif dan efisien.

Jaringan terbarunya ini telah diibaratkan sebagai jalan tol oleh Munir. Ia mengatakan kalau dengan adanya 4G Plus maka dibuka 1 gerbang tol lagi sehingga tidak ada kemacetan yang lebih parah di jalan tol. Semakin lancar jalannya maka kecepatannya juga semakin cepat. Perlu diketahui bahwa pada saat uji jaringan kemarin di Jakarta, Smartfren 4G+ Mampu menembus kecepatan 198 Mbps.

baca juga: Cara Mengatasi Internet Lemot Saat Browsing di HP Android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.