Dibongkar, Ternyata Ganti Baterai dan Layar iPhone XR Gampang Banget

0
1020
iPhone XR Bongkar
Copyright©iFixit

Oketekno.com – Selama ini, Apple selalu menciptakan perangkat Smartphone yang benar-benar berbeda jika dibandingkan dengan produk lainnya. Akan tetapi soal kualitas memang dapat dijamin dan Apple selalu memprioritaskan para pelanggannya. Oleh karena itulah mengapa harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan Smartphone lain.

Meski begitu, ternyata untuk mengganti komponen baterai dan juga layarnya itu mudah banget, bahkan diklaim lebih mudah jika dibandingkan dengan perangkat Smartphone Android yang beredar di pasaran. Hal ini telah terungkap pertama kali setelah ahli service iPhone dari iFixit melakukan pembongkaran total terhadap iPhone XR.

Simak Nih: Begini Nasib iPhone XR Setelah Alami Siksaan di Tangan JerryRigEverything!

Ia mengatakan kalau iPhone XR ini memiliki bentuk yang serupa, akan tetapi karakteristik susunanya cukup berbeda jika dibandingkan dengan iPhone XS dan XS Max. Bahkan untuk prosedur penggantian baterai dan juga layar, menurutnya juga lebih mudah jika dibandingkan dengan ponsel Android pada umumnya.

Copyright©Youtube

Alasannya cukup sederhana, iPhone XR ini telah menggunakan baterai perseg panjang layaknya iPhone 8 sehingga mudah dilepas. Beda dengan iPhone XS yang menggunakan baterai L.

Ketahui Yuk: Sepi Peminat, Begini Kondisi Antrean iPhone XR di Asia Tenggara

“Prosedur pembukaan untuk bagian layar dan kemudahan akses untuk menjangkau baterai tetap menjadi prioritas utama desain Apple. Ini membuat dua komponen perbaikan paling umum (Layar dan Baterai) jadi lebih mudah bahkan daripada sebagian besar ponsel Android.” begitulah yang diungkap oleh Kay Clapp, salah satu pakar perbaikan iPhone melalui blog resminya.

Meski begitu, para pakar juga memiliki pendapat dimana penggunaan lempengan tembaga pada bagian pengisian daya memang bisa membuat proses pengisian daya lebih cepat, akan tetapi lebih cepat panas juga. Dari informasi yang dilansir dari laman Mashable, material kaca di belakangnya juga mudah retak sehingga kalau sampai pecah, otomatis pengguna disarankan untuk mengganti seluruh sasisnya.

Perlu diketahui bahwa iPhone XR telah menggunakan panel layar LCD, sehingga visual yang ditampilkan tidak begitu cerah dan kontras. Dan untuk persoalan harganya, Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 11.3 jutaan.

baca juga: 5 Bagian iPhone 8 Plus yang Masih Lebih Unggul Ketimbang iPhone XR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.