Bug Paling Berbahaya di iOS 12.1, Kontak Bisa Dilihat Meski Layar Terkunci

0
1078
iOS 12.1
Copyright©Billionaire365

Pembaruan iOS 12.1 Semakin Parah

Oketekno.com – Untuk memberikan solusi terhadap beberapa permasalahan sebelumnya yang dikeluhkan oleh para pengguna iOS 12. Apple telah menghadirkan pembaruan dengan sejumlah perbaikan, namun tidak semuanya sudah teratasi sebab ada beberapa keluhan yang belum mendapatkan tanggapan dari sistem operasi iOS 12.1.

Akan tetapi, pada iOS 12.1 sayang sekali malah menimbulkan permasalahan baru yang lebih serius. Pasalnya lockscreen perangkat iPhone yang menjalankan OS terbaru dari Apple ini malah mudah sekali untuk di bobol alias diakali.

Simak Nih: Hebat! Smartphone Ini Lebih Laris Ketimbang Samsung dan Apple

Perlu diketahui bahwa untuk sistem operasi iOS 12.1 ini telah resmi diluncurkan sejak pekan kemarin bersamaan dengan peluncuran sejumlah produk terbarunya di Brooklyn of Music, New York. Selain menghadirkan pembaruan seperti masalah sinyal dan efek beautify, OS terbarunya kali ini juga menghadirkan beberapa fitur terbaru.

BUG
Copyright©Istimewa

Meski begitu, para pengguna Smartphone iPhone yang dijalankan dengan OS versi ini harap berhati-hati untuk menjaga perangkat miliknya sebab bagian kontak sangat rentan sekali untuk disusupi oleh orang lain. Hanya melalui panggilan telepon saja semuanya sudah dapat terlihat.

Ketahui Yuk: Resmi Dipatenkan! Begini Konsep iPhone Lipat Pertama Milik Apple

Dari informasi yang didapatkan dari laman Forbes telah mengungkap kalau iOS 12.1 memiliki celah pada aspek keamanan penguncian layar sehingga untuk sistem keamanan Face ID maupun Touch ID yang ada pada perangkat tersebut bisa dengan mudahnya dilewati, dan langsung masuk ke informasi kontak.

Informasi tersebut didapatkan Forbes setelah mengetahui video ulasan dari seorang peneliti keamanan bernama Jose Rodriguez yang telah mendemonstrasikan celah keamanan tersebut melalui sambungan telepon ke perangkat iPhone miliknya yang tengah dalam keadaan terkunci layarnya. Dalam video tersebut terlihat jelas bagaimana mudahnya mengakses kontak yang tersimpan.

Tidak hanya itu saja, berkat adanya fitur 3D Touch telah membuat data-data orang yang ada di dalam kontak bisa terlihat semuanya, mulai dari nomor telepon, alamat email, dan lain sebagainya. “Masalah ini spesifik di iOS 12.1 dan tidak ada di versi lain, dan ironisnya varian iPhone kelas atas lebih terdampak karena iPhone XR, iPhone SE, dan iPhone 6 yang lebih lawas tak memiliki 3D Touch.” Untuk lebih jelasnya bisa lihat video yang terdapat pada link https://youtu.be/ojigFgwrtKs.

baca juga: Terungkap! Ternyata Ini Maksud Bos Apple Soal Huruf “R” Pada iPhone XR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.