Pengguna Diminta Ganti Password, Facebook “Jebol” Lagi?

0
805
Facebook Retas
Copyright©The Hacker News

Facebook Sering Jadi Sasaran Hacker

Oketekno.com – Belum lama ini telah tersebar informasi yang mengungkap kalau beberapa pengguna Facebook telah mendapatkan notifikasi keamanan yang telah menyebutkan kalau alamat email dan nomor telepon mereka telah diakses oleh pihak ketiga ketika dirinya masuk ke aplikasi maupun situs web FB.

Tidak hanya nomor dan alamat email saja, beberapa informasi pribadi lainnya seperti username, tanggal lahir, tempat terakhir yang memanfaatkan fitur check-in atau yang di tag dan beberapa fitur lainnya telah berhasil diakses oleh hacker.

Simak Nih: Cara Mencegah “Autoplay” Video di Facebook

Dengan begitu Facebook langsung memberikan notifikasi terhadap beberapa penggunanya. Selain itu, perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg ini juga mengungkap kalau pihaknya sudah menindak lanjuti celah keamanan tersebut dan telah bekerjasama dengan FBI untuk mengatasi permasalahan yang tengah terjadi ini.

Update Password
Copyright©Liputan6

Disisi lain, dalam keterangannya tersebut, Facebook telah meminta para penggunanya untuk mengunjungi halaman Help Center untuk mendapatkan informasi lebih lanjut apakah akun miliknya juga terpengaruh dan apa yang seharusnya dilakukan untuk mengamankannya.

Ketahui Yuk: Cara Mudah Membuat Foto Profil Facebook Jadi Bergerak, 100% Berhasil!

Perlu diketahui bahwa, informasi ini muncul dikarenakan sebagai salah satu tindak lanjut dari pihak pengembang untuk mengatasi permasalahan insiden yang terjadi saat hacker mampu melakukan peretasan alias mendapatkan hak akses ke sekitar 30 juta akun pengguna layanan dari raksasa sosial media tersebut.

Kemudian untuk 14 juta akun pengguna diantara seluruh korban, telah diakses lebih rinci termasuk informasi intim seperti tempat tinggal, status hubungan, agama dan juga bagian dari sejarah pencarian mereka atau biasa dikenal dengan Riwayat/History. Seperti itulah informasi yang disampaikan oleh The Guardian.

Tidak semua pengguna terdampak permasalahan ini, hal tersebut bisa dilihat tidak cukup banyak pengguna Facebook di Indonesia yang mendapatkan notifikasi tersebut sehingga keamanan privasi masih bisa terjamin. Beda dengan kasus Cambridge Analytica kemarin lalu yang melibatkan korban jauh lebih banyak.

baca juga: Cara Mengirim Pesan Rahasia di FB Messenger, Pasti Lebih Aman!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.