iPhone 5G Pertama Baru Akan Debut Tahun 2020, Benarkah?

0
990
iPhone 5G
Copyright©TheVerge

Bukan 2019, Perangkat iPhone 5G Akan Meluncur Tahun 2020!

OKETEKNO.COM – Baru-baru ini kehadiran jaringan seluler 5G terbaru mencuri perhatian dan menjadi sorotan. Jaringan 5G sendiri hadir sebagai standar telekomunikasi seluler terbaru yang saat ini masih dalam tahap pengembangan. Seakan tak ingin kalah dengan operator seluler lain, sejumlah pabrikan smartphone bahkan berlomba-lomba untuk menjadi vendor pertama di dunia yang menghadirkan jaringan 5G pada perangkat besutannya. Namun hal itu nampaknya tidak berlaku untuk raksasa teknologi Apple. Pasalnya dikabarkan iPhone 5G pertama baru akan memulai debut di tahun 2020 mendatang, benarkah?

Dari laporan terbaru yang diperoleh dari Fast Company mengungkapkan rencana Apple untuk menghadirkan perangkat ponsel berjaringan 5G pertamanya. Disebutkan bahwa produsen ponsel yang berbasis di Cupertino ini akan meluncurkan iPhone 5G pertamanya di tahun 2020 mendatang. Nampaknya bagi fanboy Apple yang menantikan jaringan 5G pada iPhone terbaru harus lebih lama bersabar menunggu kedatangannya.

Baca Juga Apple Pastikan Harga iPhone Bakal Semakin Mahal

Bukan hanya itu saja, laporan terbarunya juga mengungkapkan bahwa Apple memiliki rencana untuk menggunakan chip model Intel 8161 5G yang dibangun dengan proses 10 nanometer untuk meningkatkan kepadatan transistor guna mendapatkan kecepatan dan juga efisiensi yang lebih tinggi. iPhone 5G saat ini tengah dipersiapkan dimana penguian jaringan 5G pada chip tersebut tengah dilakukan.

Sementara itu Intel sendiri memang saat ini tengah menguji jaringan 5G yang berjalan dalam chip 8060 dimana masih ada sejumlah masalah teknis terutama pada pembuangan panasnya. Saat ini Intel sendiri tengah berjuang untuk meminimalisir pembuangan panas dengan komponen-komponen tersebut dimana diyakini akan dapat selesai tepat waktu untuk diterapkan pada iPhone 5G nantinya.

Copyright ©recode

Perlu diketahui bahwa Apple dan Intel sendiri telah bekerjasama semenjak tahun 2015 silan untuk memasok chip pada perangkat iPhone. Bahkan pada tahun 2018 ini, Apple sediri telah mempercayakan pasokan chip utamanya pada Intel untuk jajaran iPhone terbaru besutannya. Kemungkinan iPhone 5G ini nantinya siap menjadi perangkat Apple selanjutnya yang menggunakan chipset besutan Intel.

Sayangnya Intel sendiri menghadapi masalah tersendiri sehingga membuat pabrikan Apple cemas. Bahkan ada laporan yang mengungkapkan bahwa Apple saat ini mulai mencoba untuk berbicara dengan Qualcomm kembali terkait penyediaan modem 5G pada iPhone 5G yang kabarnya akan meluncur lebih lama dibandingkan dari vendor ponsel lain.

Baca Juga Dibongkar, Ternyata Ganti Baterai dan Layar iPhone XR Gampang Banget

Bahkan laporan yang beredar mengungkapkan bahwa Apple mengadakan pembicaraan khusus dengan MediaTek untuk memasok chip alternatif jika nantinya Intel tidak dapat menyelesaikan masalah chip pada peragkat besutannya nanti. Untuk itulah tak menutup kemungkinan iPhone 5G akan hadir dengan chip besutan Intel atau Qualcomm atau bahkan mungkin MediaTek.

Terlepas dari kabar tersebut, memang keputusan Apple untuk menunggu sampai tahun 2020 dalam menghadirkan iPhone 5G ini bisa menjadi keputusan terbaik. Pasalnya di tahun 2019 mendatang jaringan 5G sendiri baru akan diperkenalkan dimana jumlah Base Transceiver Station (BTS) 5G yang tersedia masih dalam jumlah terbatas.

Untuk itulah jika para produsen smartphone akan memulai meluncurkan smartphone 5G pertamanya tahun 2019 mendatang, namun hal itu akan percuma. Pasalnya kemampuan dari jaringan 5G tidak akan dapat dinikmati secara leluasa hingga ada jaringan 5G yang mendukung dan sampai pada wilayah mereka. Untuk itulah kehadiran Apple iPhone 5G di tahun 2020 dirasa cukup tepat, so kita nantikan saja kabar terbarunya.

Baca Juga Begini Nasib iPhone XR Setelah Alami Siksaan di Tangan JerryRigEverything!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.