Awas! Aplikasi Resmi dan Populer Ini Jadi Sarang Penipuan

0
573
Aplikasi
Copyright©Tribunnews

Banyak Korban dari Pengguna MyTelkomsel

Oketekno.com – Pada zaman yang sudah serba modern dan canggih seperti ini, memang segala hal bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat, termasuk tindak kejahatan pula salah satunya. Para penjahat cyber, rata-rata akan mencari korban sosok atau perusahaan yang memiliki nama populer di kalangan masyarakat. Seperti yang belum lama ini terjadi pada para pelanggan Telkomsel.

Akhir-akhir ini tengah marak penipuan yang menggunakan modus dengan cara meminta kode verifikasi para pengguna aplikasi MyTelkomsel. Seperti yang kita ketahui bahwa, melalui aplikasi ini kita dapat melakukan banyak hal dalam transaksi, mulai dari check/beli pulsa maupun kuota, bayar tagihan, aktivasi paket hingga tukar poin.

Simak Nih: YouTube Segera Hadir di Konsol Game Paling Populer Ini

Biasanya para penjahat akan menghubungi korban melalui sambungan telepon atau SMS dan meminta korban untuk mengirimkan kode verifikasi aplikasi MyTelkomsel tersebut. Kalau sampai transaksi tersebut diambil alih oleh penjahat cyber tersebut, maka seluruh tansaksi di Aplikasi bisa diambil alih sepenuhnya.

Aplikasi MyTelkomsel
Copyright©IST

Menanggapi hal tersebut, pihak Telkomsel telah memberikan saran kepada para penggunanya untuk waspada terhadap masalah ini. Disisi lain, operator Telekomunikasi ternama di Indonesia ini juga menyatakan kalau pihaknya tidak pernah mengirimkan kode verifikasi MyTelkomsel dengan alasan apapun.

“Telkomsel tidak pernah meminta data diri, password atau kode verifikasi kepada pelanggan untuk alasan apapun. Data diri, password atau kode tersebut harus selalu dijaga kerahasiannya seperti PIN ATM atau Bank. Dengan memberikan password atau kode verifikasi kepada orang lain, sama saja dengan memberikan akses kepada orang lain untuk melakukan transaksi apapun melalui aplikasi MyTelkomsel.” Begitulah ungkap GM External Corporate Communication Telkomsel bernama Denny Abidin.

Selain itu, Denny juga memberikan saran untuk logout dari semua aplikasi MyTelkomsel yang masih aktif dengan cara *323*20#. Kemudian untuk pengaduan karena akunnya merasa telah dibajak orang lain, pelanggan bisa mengirimkan format: PENIPUAN#NO. MSISDN PENIPU#ISI SMS PENIPUAN dan kirimkan ke 1166, atau mungkin melalui sosmed Telkomsel seperti facebook, twitter, telegram dan LINE.

baca juga: Awas, Jangan Ketipu Stiker Gratis di WhatsApp! Ini Faktanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.