Google Sempat Down, Ternyata Semua Pelanggannya Teralihkan ke 2 Negara Berbahaya Ini

0
2866
Google Down
Copyright©Homeland Security Today

Permasalahan Rinci Baru Terungkap

Oketekno.com – Perlu diketahui bahwa awal pekan ini beberapa layanan Google memang mengalami down lebih dari 1 jam. Tentu kejadian ini tidak seperti biasanya yang bisa langsung dianalisa dan diperbaiki dalam waktu singkat. Dengan begitu bisa disimpulkan kalau kerusakan alias permasalahan Google Down begitu parah.

Dari informasi yang dilansir dari laman The Independent, ternyata tidak hanya mesin pencarian milik Google saja yang mengalami permasalahan serius akibat terjadinya insiden ini, melainkan beberapa layanan lain yang mengandalkan penyimpanan awan milik Google seperti Spotify dan semacamnya juga tumbang selama beberapa jam.

Simak Nih: 3 Alternatif Hasilkan Uang di YouTube Selain dari Google AdSense

Atas kejadian Google Down ini, raksasa pencarian tersebut tidak memberikan perincian detail mengenai berapa banyak penggunanya yang terdampak. Akan tetapi perusahaan intelijensi jaringan ThousandEyes telah melaporkan kalau terdapat web traffict dari Inggris, Perancis, dan juga Amerika Serikat yang dengan sengaja dialihkan.

Google Lost Traffic
Copyright©independent

Meski begitu pihak Google mengungkap kalau isu tersebut berasal dari sumber eksternal, selain itu tidak ada layanan milik mereka yang terkena masalah sebab seluruh traffict yang dianggap nyasar tersebut telah dienkripsi sehingga peretas akan kesulitan bahkan menjadi hal tidak mungkin untuk mengaksesnya.

Terkait masalah Google Down yang bisa disebut dengan pembajakan Border Gateway Protocol (BGP) ini ternyata tidak sengaja telah disebabkan oleh salah satu Internet Service Provider (ISP) yang berbasis di Nigeria. Penyedia layanan yang bernama MainOne Cable telah mengungkap kalau kesalahan ini terjadi ketika pihaknya melakukan upgrade jaringan rutinan.

Melalui update tersebut, MainOne Cable mengungkap kalau pihaknya telah menyalurkan jutaan alamat IP secara tidak tepat sehingga yang seharusnya diarahkan ke Google malah diambil oleh ISP yang berbasis di China dan Rusia. Tentu saja kejadian ini langsung menuai banyak komentar, salah satunya berasal dari Alex Henthorn-Iwane selaku menjadi eksekutif ThousandEyes. Ia mengungkap kalau ini merupakan kejadian paling buruk yang menimpa traffict Google.

baca juga: Cara Ampuh Menyembunyikan Lokasi Kita dari Intaian Google

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.