Paten iPhone dengan Kamera Tertanam di Layar Diajukan oleh Apple!

0
858
Paten iPhone
Copyright©USPTO

Paten iPhone Kamera Tertanam di Layar Disetujui USPTO!

OKETEKNO.COM – Saat ini memang para produsen smartphone berlomba-lomba untuk menghadirkan smartphone dengan ukuran layar lebar dan menipiskan bingkai atau bezel di sekelilingnya untuk produk terbaru. Salah satu caranya adalah dengan menghadirkan notch atau poni secuil alias waterdrop ala Oppo. Namun belum lama ini sejumlah vendor melakukan cara terbaru dengan menghilangkan poni atau notch serta menanam kamera depan dalam “lubang” di layarnya. Raksasa teknologi Apple pun nampaknya tak ingin ketinggalan dimana Paten iPhone dengan kamera tertanam di layar telah diajukan.

Produsen smartphone yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat ini tak ingin ketinggalan dengan vendor lainnya dimana belakangan ini diketahui telah mematenkan desain iPhone terbaru dengan layar berlubang. Padahal pada tahun lalu, Apple merupakan pencetus trend smartphone dengan layar poni dalam perangkat iPhone X yang kini banyak diikuti hampir semua produsen smartphone. Kini Paten iPhone dengan kamera tertanam di layar siap mengakhiri trend smartphone berponi.

Baca Juga Resmi Dipatenkan! Begini Konsep iPhone Lipat Pertama Milik Apple

Paten iPhone dengan kamera depan yang ditanamkan di layar ini telah diajukan oleh Apple ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat yakni United States Patent and Trademark Office (USPTO) di AS pada Juni lalu. Selanjutnya paten tersebut telah mendapatkan persetujuan pada 8 November 2018.

Dalam dokumen Paten iPhone dengan judul ‘Integrated Camera Window’ ini sendiri juga menghadirkan ilustrasi dari perangkat iPhone dengan kamera tertanam di layar. Gambar ilustrasi tersebut memperlihatkan bahwa lubang sebagai ‘rumah’ untuk kamera depannya terletak di pojok kanan atas layar bukan berada di tengah seperti halnya notch atau poni.

Paten iPhone
Copyright©USPTO

Dalam Paten iPhone dengan kamera tertanam di layar itu juga disebutkan bahwa kamera yang digunakan akan dilapisi kaca tangguh seperti aluminium silicate glass (DVTS) besutan Corning yang merupakan produsen kaca anti gores Gorilla Glass. Untuk itulah kameranya dapat ditanamk didalam kaca layar perangkat.

Sayangnya selain kamera, dalam Paten iPhone yang diajukan Apple tersebut tidak dijelaskan lebih lanjut komponen apalagi yang akan dihadirkan dalam lubang itu seperti halnya sejumlah sensor pendukung proximity ataupun earpiece. Namun dengan membenamkan kamera depan tertanam di layar maka desain iPhone yang akan datang akan hadir dengan tampilan layar tanpa bezel.

Seperti yang diketahui, trio iPhone 2018 yakni iPhone Xs, Xs Max dan XR maupun iPhone X sendiri sejatinya hadir dengan bezel layar cukup tipis kecuali pada bagian atas yakni notch yang memang digunakan sebagai tempat peletakan kamera depan. Namun lantaran Paten iPhone ini masih sebatas paten, belum tentu konsep kamera tertanam di layar ini benar-benar akan dihadirkan dalam produk iPhone 2019 nantinya.

Baca Juga OPPO Resmi Patenkan Teknologi Wireless Charging Tercepat di Dunia

Kendarti demikian jika hal ini benar adanya, maka kemungkinan besar iPhone di masa depan tidak akan lagi hadir dengan poni atau notch yang mengganggu tampilan layarnya. Yang lebih menarik adalah, dilansir dari Lets Go Digital pada Rabu (14/11/2018) bahwa penggunaan teknologi layar berlubang dengan lapisan kaca ala Aple ini tidak hanya akan diterapkan pada smartphone atau iPhone.

Selain pada produk Apple iPhone, pada deksripsi Paten iPhone tersebut rancangan ini juga dapat digunakan pada bebrapa produk lainnya seperti tablet, laptop, monitor maupun televisi. Namun perlu diketahui bahwa Apple bukan produsen satu-satunya yang mendaftarkan paten smartphone dengan kamera tertanam di layar. Sejumlah produsen ponsel besar yakni Samsung, LG, Oppo dan Huawei diketahui juga turut mengembangkan smartphone dengan desain serupa. Nantikan saja informasi terbarunya.

Baca Juga Huawei Patenkan Layar Berlubang Berbentuk Unik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.