Chipset Exynos 9820 Meluncur, Siap Dibenamkan di Samsung Galaxy S10 Series!

0
414
Samsung Exynos 9820
Copyright©GSMArena

Processor Pertama Samsung dengan NPU Meluncur, Exynos 9820!

OKETEKNO.COM – Produsen smartphone Samsung diketahui telah resmi meluncurkan chipset terbaru besutannya yang bernama Exynos 9820. Chipset terbaru ini merupakan chipset dan processor pertama Samsung dengan dukungan NPU (Neural Proccessing Unit) yang siap menghasilkan performa handal. Usut punta usut chipset ini siap menjadi otak dari flagship Samsung Galaxy S10 series yang dijadwalkan akan diumumkan sang vendor di awal tahun 2019 mendatang.

Samsung diketahui telah menepati janjinya untuk meluncurkan chipset Exynos 9820 besutannya. Yang menarik adalah chipset tersebut diproduksi dengan teknologi pemrosesan 8nm (nanometer) LPP (Low Power Plus) FinFET. Chipset yang akan dipekerjakan pada flagship Samsung Galaxy S10 series ini juga mendukung kemampuan NPU (Neural Processing Unit).

Baca Juga Desain dan Spesifikasi Samsung Galaxy S10 Lite Mulai Terbongkar

Bukan hanya itu saja, SoC Exynos 9820 ini sendiri juga didukung model LTE 2 Gbps, Tri-cluster CPU juga kemampuan dari NPU yang telah ditingkatkan lebih optimal. Bahkan Samsung juga telah menyematkan dukungan CPU generasi ke-4 yakni dua-core kustom untuk pemrosesaan akhir, dua-core Cortex-A75 untuk kinerja juga dukungan Empat core Cortex-A55 untuk efisiensi kinerja perangkat.

Chipset Samsung Exynos 9820
Copyright©GSMArena

Lebih lanjut produsen asal Korea Selatan ini juga mengungkapkan bahwa konfigurasi baru dalam chipset Samsung Exynos 9820 ini mempunyai jadwal penugasan yang lebih pintar untuk menungkatkan kinerja dari multi-core hingga 15 persen. Sementara untuk single-core memiliki kinerja mencapai 20 persen dimana memberikan efisiensi daya sampai 40 persen jika dibandingkan dengan chipset Exynos generasi sebelumnya.

Chipset Exynos 9820 yang baru dirilis ini juga mendukung model LTE-Advanced Pro dimana merupakan cara Samsung untuk bersiap menghadirkan chipset yang mendukung konektivitas 5G. SoC ini juga disebutkan memiliki kecepatan ddownlink mencapai 2 Gbps dimana spesifikasi teknis lainnya mencakup 8x Ca dan juga uplink dengan kecepatan mencapai 316 Mbps.

Baca Juga Harga Smartphone Layar Lipat Samsung Bocor, Kira-kira Berapa Ya?

Sama halnya seperti chipset seri sebelumnya yakni Exynos 9810, chipset Exynos 9820 ini juga masih mengandalkan teknologi 4×4 MIMO, 256-QMA dan eLAA dalam mendongkrak kecepatannya. Sementara untuk dukungan GPU, Samsung menghadirkan Mali-G76 yang diklaim mampu menghasilkan peningkatan kinerja mencapai 40 persen lebih baik dan juga hemat daya mencapai 35 persen.

Terkait dukungan NPU yang dibawakan ini merupakan unit terpisah dimana mampu memproses AI sampai tujuh kali lebih cepat dari chipset sebelumnya. Selainitu Samsung juga mengungkapkan bahwa Chipset Exynos 9820 ini kabarnya akan diproduksi secara massal pada akhir tahun 2018 ini. Untuk itulah Samsung Galaxy S10 yang dirilis awal tahun 2019 mendatang sudah pasti akan diotaki chipset premium ini.

Baca Juga Samsung Galaxy M Siap Menjadi Seri Smartphone Terjangkau Sang Vendor!

Advertisement :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.