Tidak Sendiri! Ini Deretan Perusahaan yang Bantu Ciptakan Smartphone Lipat Samsung

0
462
Samsung Foldable
Copyright©ExtremeTech

Deretan Perusahaan Lain yang Bantu Samsung Ciptakan Ponsel Layar Lipat

Oketekno.com – Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa Samsung telah resmi memperkenalkan Smartphone layar lipat pertamanya pada awal bulan Nopember kemarin bersamaan dalam event Samsung Developer Congress atau biasa disebut dengan SDC 2018.

Memang sih dalam perkenalannya tersebut, ponsel berada di genggaman bos Samsung secara nyata. Akan tetapi wujud Smartphone layar lipat pertamanya itu tidak nampak begitu jelas karena memang lampu panggung sengaja dibuat remang-remang. Kemudian sejumlah konsep render dengan cepatnya bertebaran.

Simak Nih: Chipset Exynos 9820 Meluncur, Siap Dibenamkan di Samsung Galaxy S10 Series!

Tidak hanya itu saja, beberapa komponen penysusunnya juga masih misterius dan tidak banyak diungkap pada saat perkenalannya kemarin lalu. Termasuk beberapa pemasok komponen layar Smartphone lipat yang tidak dapat rusak ini juga masih belum diungkap secara jelas.

Smartphone layar lipat samsung first
Copyright©The Verge

Belum lama ini media asal Korea Selatan telah memberikan informasi kalau Samsung telah menjalin kerjasama dengan perusahaan asal Jepang bernama Sumitomo Chemical. Perusahaan ini dipercayai untuk membuat komponen polimida transparan yang bisa ditekuk berulang kali.

Perlu diketahui bahwa untuk Polimida Fleksible ini berfungsi sebagai pengganti kaca layar dan ditempelkan ke panel OLED Fleksibel dengan memakai perekat khusus optical transparent adhesive film (OCA) yang sudah dikembangkan Samsung selama beberapa tahun.

Ketahui Yuk: Harga Smartphone Layar Lipat Samsung Bocor, Kira-kira Berapa Ya?

Untuk jenis perekat khusus ini nantinya bisa dilipat sebanyak ribuan kali dan bakal tetap kembali ke ukuran serta bentuk semula. Dengan adanya gabungan dari Polimida dan lem fleksibel tadi memungkinkan perangkat dapat terlipat di tengah layar dengan cara meregangkannya sedikit tanpa harus terkelupas.

Selain Sumitomo Chemical, ada perusahaan lain bernama Nichindo Denko asal Jepang juga dimana perusahaan tersebut menjadi supplier film polarizer untuk layar lipat. Kemudian ada perusahaan lain bernama KH Vatec asal Korea Selatan yang terlibat dalam produksi Smartphone layar lipat tersebut. Perusahaan lokal Korsel ini menjadi pemasok engsel elastis.

Dari informasi yang dilansir dari laman Phone Arena, KH Vates telah memberikan 5 jenis engsel untuk dilakukan uji coba, mana yang terbaik. Disisi lain, sampai sekarang Samsung masih terdiam soal jadwal peluncuran Smartphone layar lipat perdananya tersebut, akan tetapi banyak rumor mengungkap kalau Foldable Phone Samsung ini bakal rilis dalam event Mobile World Congress 2019.

baca juga: Desain dan Spesifikasi Samsung Galaxy S10 Lite Mulai Terbongkar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.