Berikut Waktu Paling Sehat Gunakan Facebook dan Sosmed Lainnya, Yakin Sanggup?

0
514
Kecanduan Facebook
Copyright©Telset

Kurangi Waktu Penggunaan Fb Demi Kesejahteraan Hidup

Oketekno.com – Masalah kecanduan terhadap sosial media sekarang ini tengah menjadi perbincangan yang sangat serius. Hal ini dikarenakan sudah banyak kejadian yang merugikan atas sifat kecanduan terhadap Facebook, Twitter, Instagram maupun sosmed lainnya. Bisakah kalian menghitung berapa lama yang telah kalian gunakan untuk main sosial media?

Belum lama ini sebuah riset yang dipublikasikan dalam Journal of Social and Clinical Psychology telah mengungkap kalau orang-orang harus membatasi bermain sosial media, dan waktu maksimal yang boleh digunakan untuk mengoperasikannya hanya 10 menit dalam sehari.

Simak Nih: Bos FB Paksa Karyawan Pakai Android? Begini Fakta Sebenarnya!

Penelitian ini telah dilakukan oleh Unversity of Pennsylvania dengan cara melakukan monitoring terhadap 143 pengguna sosmed selama 3 minggu. Dari jumlah tersebut, mereka ada yang diminta untuk melakukan pengoperasian Sosmed miliknya seperti Facebook, Instagram, Snapchat maupun yang lain seperti biasanya. Sedangkan yang lain diminta untuk menggunakan media sosial hanya dalam 10 menit per platform dalam 1 hari.

Gunakan Facebook
Copyright©kompas

“Hasil dari percobaan kami sangat menyarankan bahwa membatasi penggunaan media sosial memiliki dampak langsung dan positif pada kesejahteraan subyektif dari waktu ke waktu, terutama sehubungan dengan penurunan kesepian dan depresi,” seperti itulah ungkap para peneliti sebagaimana yang dilaporkan oleh Metro.co.uk.

Riset tersebut juga mendapatkan fakta mengejutkan dimana ketika para pengguna menghabiskan waktu bermain sosial media, maka secara teratur juga mendapatkan serangan Fear of Missing Out (FoMO) atau bisa disebut dengan rasa takut kehilangan sesuatu. Dengan begitu, ketika kalian mengurangi main Facebook, dkk, maka tingkat terkena FoMO, rasa cemas, depresi dan kesepian bakal berkurang.

Disisi lain, perwakilan team peneliti dari Facebook juga memiliki pemikiran yang serupa dimana ketika seseorang terlalu sering menggunakan sosial media, bukanlah hal yang baik. David Ginsberg dan Moira Burke selaku direktur sekaligus tim penelitian FB mengungkap kalau penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial memang penting ketika menyangkut kesejahteraan penggunanya. Jadi, bagaimana nih guys? Sanggupkah hanya gunakan FB, Twitter, Instagram hanya 10 meni per platform?

baca juga: Facebook Diklaim Sama Seperti Rokok, Kenapa Ya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.