Tak Disangka! Aplikasi Android yang Sering di Install Ini Ternyata Malware, Google Aja Ketipu!

0
12445
Malware Android
Copyright©PCMag

2 Dari 13 Aplikasi GIM Berbahaya Populer di Play Store

Oketekno.com – Permasalahan Malware sampai sekarang ini masih menjadi bahan perbincangan yang serius, khususnya untuk para pengguna Android dimana mereka sering kali dihantui dengan berbagai macam aplikasi berbahaya. Meski sudah berada di Google Play Store sekalipun, ternyata masih belum cukup aman untuk pemasangan aplikasi.

Pihak Google selaku pengembang memang sudah berusaha sebaik mungkin untuk melakukan pemberantasan terhadap aplikasi berbahaya seperti ini, akan tetapi tetap saja ada deretan aplikasi gim berbahaya masih terlihat eksis di Play Store. Temuan malware yang berkedok gim di toko aplikasi Android ini pertama kali diungkap oleh peneliti keamanan ESET bernama Lukas Stefanko.

Simak Nih: Bakal Ada Kolom Komentar di Laman Pencarian Google?

Sebagaimana yang diungkap melalui akun twitter resmi miliknya, Lukas Stefanko telah memberikan perincian mengenai 13 malware berkedok gim yang dibuat oleh pihak pengembang sama. Bahkan, yang sangat mengejutkan adalah dua diantaranya kini tengah trending di Play Store (banyak yang suka dengan Malware tersebut).

Malware Android 1
Copyright©Ist

Dari seluruh aplikasi yang ditemukan terindikasi malware ini jumlah pengguna yang sudah memasangnya lebih dari 580.000. Akan tetapi sekarang, pihak Google sudah menghapus keseluruhan game tersebut. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam keterangan bahwa aplikasi ini memang bisa terpasang di Smartphone, akan tetapi ketika dibuka secara otomatis aplikasi akan crash bahkan langsung hilang dari layar utama.

Bukannya berfungsi baik seperti deretan gim lainnya, akan tetapi aplikasi ini hanya sebagai jembatan untuk mengunduh konten dari domain lain terdaftar ke pengembang aplikasi di Istanbul, kemudian secara diam-diam konten ini memasang malware dan menghapus ikon aplikasi yang kita install sebelumnya.

Memang sih tugas utama dari Malware ini masih belum terungkap, akan tetapi yang jelas program ini bakal selalu aktif secara otomatis setiap Smartphone atau tablet Android dinyalakan. Bahkan, malware ini juga terindikasi memiliki akses penuh ke lalu lintas jaringan sehingga pembuat malware bisa memanfaatkannya untuk mencuri informasi data pribadi pengguna. Untuk melihat postingan Twitter Stefanko, kunjungi link
https://twitter.com/LukasStefanko/status/1064507886896844800

baca juga: Pengguna Lebih Dimanjakan dengan Fitur “Chatting” di Google Maps

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.