Oppo Resmikan ColorOS 6.0, Lebih Ringan Untuk Smartpohone Tanpa Bezel!

0
500
ColorOS 6.0
Copyright©Gizmochina

User Interface ColorOS 6.0 Bawakan Aplikasi AI Quick Freeze!

OKETEKNO.COM – Pabrikan smartphone Oppo baru saja menggelar acara eksklusif pada Kamis (22/11/2018) yang bertempat di China. Dalam acara tersebut sang vendor merayakan ulang tahun sistem operasi besutannya yakni ColorOS ke lima tahun. Seperti yang diduga sebelumnya, pabrikan Oppo akhirnya resmi memperkenalkan antarmuka terbarunya yakni ColorOS 6.0 yang membawa tampilan lebih ringan dan tentunya lebih cocok untuk smartphone berbezel tipis seperti yang mulai banyak tersedia di pasaran.

Pabrikan smartphone yang berbasis di Tiongkok ini mengungkapkan bahwa ColorOS 6.0 ini memang dirancang khusus untuk smartphone berbezel tipis atau smartphone bezelless. Kendati demikian antarmuka ColorOS yang hadir dalam smartphone berbezel tipis tetap akan memperoleh pembaruan terbaru.

Baca Juga Update ColorOS, 17 Smartphone OPPO Ini Dijamin Bakal Lebih Ngebut

Untuk tampilan antarmuka atau User Interface ColorOS 6.0 sendiri, Oppo akan menampilkan skema warna gradien. Dalam teaser yang diunggah oleh sang vendor terlihat bahwa Oppo melalui antarmuka terbarunya ini siap menyajikan warna-warni gradasi dari warna yang paling cerah atau putih dari atas ke bawah. Bukan hanya itu saja Oppo juga menyebutkan bahwa alasannya menghadirkan warna putih lantaran untuk menciptakan kesan ruang yang lebih lebar dan bersih sehingga aplikasi yang dimunculkan tidak akan terlihat penuh atau berkerumun.

Sementara itu dalam user interface ColorOS 6.0 terbaru besutan Oppo ini juga menghadirkan font teks dengan bahasa Mandarin yang disebut Oppo Sans. Font baru ini memang dikembangkan oleh Oppo dimana ia bekerja sama dengan perancang font lokal China yakni Hanyi.

ColorOS 6.0
Copyright©Gizmochina

Bukan hanya itu saja, Pabrikan Oppo dalam antarmuka ColorOS 6.0 ini juga mampu menampilkan peningkatan kinerjanya. Oppo mengungkapkan bahwa fitur baru tersebut akan hadir dalam aplikasi AI Quick Freeze dimana memungkinkan aplikasi untuk dapat ‘membekukan’ aplikasi lain yang berjalan dalam smartphone.

Baca Juga Mulai Gulirkan ColorOS 5.2, Ini Pembaruan yang Ditawarkan Realme

Oppo mengungkapkan bahwa sistem kecerdasan buatan berbasis AI (Artificial Intelligence) ini akan mempelajari pola penggunaan aplikasi pengguna selama kurang lebih 15 hari sehingga akan megetahui aplikasi apa saja yang perlu ‘dibekukan’ dan aplikasi mana yang aktif digunakan. Dengan adanya fitur terbaru ini maka Oppo mengklaim bahwa konsumsi daya perangkat secara kesseluruhan dengan antarmuka ColorOS 6.0 akan berkurang sampai 7 persen.

Sementara itu user interface ColorOS 6.0 ini akan mulai dihadirkan dalam smartphone terbaru Oppo yang meluncur di tahun depan. Sayangnya hingga sejauh ini belum ada informasi terkait ponsel Oppo apa saja yang akan dipermanis oleh antarmuka Color OS generasi keenam ini serta belum ada informasi apakah smartphone tersebut akan mendukung Androis Pie 9 terbaru atau tidak. Nantikan saja kabar terbarunya.

Baca Juga Meski Tampilan Sama, Tapi Kamu Perlu Tau Beda OPPO A7 dan F9 Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.