YouTube Kids Bakal Miliki Banyak Konten Khas Indonesia

0
457
YouTube Kids Sand
Copyright©YouTube

Dongeng Yuk Untuk YouTube Kids

Oketekno.com – Layanan media streaming YouTube memang menjadi yang paling populer ketimbang media streaming lainnya. Banyak jenis konten video yang tersedia disini, sehingga semua kalangan bisa mendapatkan apa yang tengah dibutuhkan. Akan tetapi, jenis kontennya yang bervarian inilah membuat kenyamanan anak-anak terancam.

Kalau menggunakan aplikasi biasa, mereka bisa saja melihat konten tidak senonoh yang seharusnya terhindarkan. Namun, pihak Google sudah memperhatikan hal tersebut dan menciptakan platform media streaming khusus anak bernama YouTube Kids.

Simak Nih: 3 Trik Aktifkan Fitur Baru YouTube Biar Makin Kekinian

Aplikasi ini telah berhasil diluncurkan ke 38 Negara dalam 9 bahasa termasuk Indonesia. Sejak pertama kali diluncurkan, YouTube Kids berhasil menjadi aplikasi terbaik ke 5 di seluruh Dunia, entah itu di Play Store maupun App Store.

YouTUbe Kids Indonesia
YouTUbe Kids Indonesia Copyright©Selular

Nah, untuk memberikan konten yang lebih menarik dan khas Indonesia pihak Google telah menjalin kerjasama dengan Komunitas Ayo Dongeng Indonesia untuk menghadirkan konten Dongeng Yuk. Untuk konten ini nantinya akan memuat berbagai macam cerita rakyat yang berasal dari berbagai daerah Indonesia. Ada 34 cerita rakyat yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia, serta bakal diisi oleh 34 tokoh kenamaan Tanah Air.

Ketahui Yuk: Cara Mengubah Playlist Spotify Jadi Video YouTube Hanya Dalam Hitungan Detik

YouTube kids memiliki beragam konten edukasi. Mulai dari film kartun, edukasi dan lain sebagainya. Kita memiliki konten sesuai dengan kebudayaan Indonesia seperti Dongeng Yuk. Di YouTube Kids para orang tua dapat memilihkan konten edukasi yang tepat bagi Anak,” seperti itulah yang disampaikan oleh Head of Consumer Marketing Google Indonesia bernama Fibriyani Elastria saat peluncuran Dongeng Yuk di Bilangan Kuningan, Jakarta, Kemarin (27 Nopember 2018).

Eka Khristiyanta Purnama M.Pd selaku menjadi perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia juga mengungkap hal serupa, dalam kesempatan yang sama ia mengatakan kalau “Orang tua harus memantau anak menonton YouTube. Dengan adanya YouTube Kids, orang tua tak perlu khawatir akan tontonan anak. Karena YouTube Kids menghadirkan berbagai konten video menarik untuk anak seperti Dongeng Yuk ini. Konten dongeng ini sangat bermanfaat bagi anak anak. Karena mengandung unsur moral, gotong royong, kepahlawanan dan sebagainya.”

YouTube Kids sudah dilengkapi dengan fitur timer, seach on/off, blocking and parent approved mode. Dengan berbagai fitur ini Orang Tua bisa mengawasi konten untuk anak lebih mudah. Mereka bisa memilihkan konten yang cocok untuk anak, dan bisa melakukan pemblokiran video mana saja yang dianggap tidak patut untuk dicontoh.

baca juga: Cara Berbagi Video di YouTube Go Tanpa Kuota Alias Offline

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.