Awas, Deretan Aplikasi Android Paling Populer Ini Terbukti Curi Data Penggunanya

0
2992
Aplikasi Android Pencuri Data
Aplikasi Android Pencuri Data Copyright©Kompas

Aplikasi Android Berbahaya

Oketekno.com – Untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna Smartphone Android, salah satu upaya yang dilakukan oleh Google adalah mencegah beragam aplikasi jahat untuk masuk ke Play Store, toko aplikasi andalan pengguna Android. Akan tetapi belum lama ini raksasa mesin pencarian itu sudah 2x kecolongan, setelah kemarin 13 Aplikasi game berbahaya, kini ada 8 aplikasi Android yang masuk dalam daftar paling populer juga terbukti melanggar S&K Google.

Dari 8 aplikasi yang masuk dalam daftar ini, 7 diantaranya merupakan besutan “Cheetah Mobile”, perusahaan china yang tahun lalu resmi terdaftar sebagai perusahaan publik dalam bursa New York Stock Exchange. Jika kalian melihat daftar aplikasinya, tanpa disangka-sangka dan mungkin kalian juga merupakan salah satu penggunanya sampai sekarang.

Simak Nih: Miliki Konten Dewasa, Aplikasi Ini Langsung Dibuang dari App Store?

7 aplikasi besutan Cheetah Mobile yang terindikasi melanggar peraturan Google, diantaranya yakni Clean Master, Security Master, CM Launcher 3D, Battery Doctor, Cheetah Keyboard, CM Locker dan juga CM File Manager. Sedangkan 1 aplikasi android lainnya adalah Kika Keyboard, salah satu aplikasi tema papan ketik paling populer di Play Store.

Aplikasi Android Curi data
Copyright©AndroidPolice

Perlu diketahui bahwa Kika Keyboard telah dikembangkan oleh “Kika Tech”, perusahaan berbasis China yang memiliki kantor di Silicon Valley dan mendapatkan pendanaan secara signifikan dari Cheetah Mobile sejak 2016 silam. Menanggapi permasalahan yang terjadi pada 8 aplikasi android terpopuler ini, Head of Client Analytics Kochava bernama Grant Simmons telah mengatakan kalau “Kecurangan ini dilakukan perusahaan-perusahaan berskala besar, bukan peretas random yang beroperasi dari basement.”

Cheetah Mobile dan Kika Tech bekerjasama untuk mengelabuhi izin aplikasi yang ada di sistem operasi Android. Dari sinilah mereka mampu melacak aplikasi apa saja yang bakal diunduh pengguna selanjutnya. Kemudian, kedua perusahaan ini memaksa untuk memasang aplikasi tertentu di Smartphone pengguna.

Ketahui Yuk: Bikin HP Berat, Hapus Saja Facebook dan Twitter, Lalu Beralih ke Aplikasi Ini

Praktik seperti ini seolah-olah untuk mendapatkan persenan dari pihak lain alias install bounty, para mitra yang bekerjasama ini nantinya bakal memberikan US$ 50 sen (Rp 7.200) hingga US$ 3 (Rp 43.000) per unduhan. Atas kejadian ini, Google sebagai mitra pun juga telah dirugikan karena tidak mendapat install bounty sebagaimana seharusnya.

Tidak hanya itu saja, para korban aplikasi android ini nantinya juga akan dirugikan karena baterai dan kuota internetnya yang cepat habis. Hal ini dikarenakan ada aplikasi yang terpasang di Smartphone secara diam-diam.

Selain izin aplikasi, Cheetah Mobile dan Kika Tech juga memantau ketika pengguna serta memantau aktivitas download aplikasi juga. Selain itu masih belum diketahui lebih lanjut apalagi informasi yang diintai, namun yang jelas sekarang Google sudah membersihkan 2 dari 8 aplikasi Android berbahaya ini, diantaranya yakni Battery Doctor dan CM Locker.

baca juga: Tak Disangka! Aplikasi Android yang Sering di Install Ini Ternyata Malware, Google Aja Ketipu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.