Chip MediaTek Helio P80 Akan Debut Perdana di Smartphone Oppo R19 Pro!

0
400
MediaTek Helio P80
Copyright ©GadgetEvo

Smartphone Pertama MediaTek Helio P80 Adalah Oppo R19 Pro, Benarkah?

OKETEKNO.COM – Kabar terbaru datang dari produsen chipset MediaTek yang dikabarkan tengah menyiapkan SoC generas anyar untuk segmen pasar kelas menengah. Setelah menghadirkan chipset MediaTek Helio P70 perusahaan dikabarkan tengah menyiapkan generasi penerusnya yakni MediaTek Helio P80 yang ditujukan untuk ponsel cerdas kelas menengah dengan fokus pada peningkatan kinerja untuk berbagai tugas dalam perangkat yang terkait dengan teknologi kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI).

Sementara itu MediaTek sendiri dilaporkan memiliki rencana untuk menghadirkan chipset Helio P80 SoC ini di awal tahun 2019 mendatang. Kabarnya smartphone pertama yang akan diotaki chipset MediaTek Helio P80 ini adalah ponsel Oppo R19 Pro yang siap menjadi primadona baru pada tahun depan yang membawa teknologi Artificial Intelligence.

Baca Juga Realme U1 Segera Hadir di Indonesia, Berikut Jadwal Resminya!

Perlu diketahui bahwa chipset MediaTek Helio P80 ini sendiri hadir dengan pemrosesan 12nm yang memang diproduksi oleh TSMC yang sama-sama menggerakkan Helio P70 dengan arsitektur ARM. Hanya saja pihak MediaTek sendiri mengklaim bahwa Helio P80 SoC ini akan hadir dengan sejumlah perbaikan yang signifikan dalam hal pemrosesan sistem kecerdasan buatan berbasis AI dalam smartphone generasi mendatang.

Memang kabar tersebut mulai muncul saat Realme resmi meluncurkan smartphone android terbaru dengan processor MediaTek Helio P70 pertama dalam Realme U1. Dalam kabar yang dimuat di laman Taiwan Business Times mengungkapkan bahwa chipset MediaTek Helio P80 SoC akan hadir sebagai generasi penerus dari chip Helio P70 dimana akan dibekalkan dalam smartphone unggulan yang akan diumumkan di parug pertama tahun 2019 mendatang.

MediaTek Helio P80
Copyright ©GadgetEvo

Bukan hanya itu saja MediaTek juga mengungkapkan bahwa pihaknya bekerja untuk menyempurnakan MediaTek Helio P80 SoC untuk meningkatkan kinerja processornya dan berusaha untuk ‘mengamankan’ pesanan yang cukup pada perangkat Oppo R19 Pro mendatang.

Sementara itu ini merupakan kali ketiga kita memperoleh informasi terkait chipset MediaTek Helio P80 SoC yang akan segera dihadirkan. Pada pekan lalu beredar bocoram skor AI Benchmark dari chip anyar MediaTek yang muncul secara online. Dalam hasil benchmark tersebut, pengujian untuk processor Qualcomm Snapdragon 8150 memimpin di peringkat paling atas dengan skor 22,082 selanjutnya chipset Helio P80 SoC di posisi kedua dengan skor 19,453 poin. Sementara untuk processor Kirin 980 mendapatkan skor 12,026 poin.

Baca Juga Helio M70 Dikembangkan, Modem 5G Pertama dari MediaTek!

Sementara itu untuk hasil benchmark yang didapat tersebut memang begitu mengejutkan mengingat chipset Qualcomm Snapdragon 8150 dan HiSilicon Kirin 980 merupakan processor andalan kelas atas yang memang ditujukan untuk mesin dari smartphone premium. Sementara untuk chipset MediaTek Helio P80 ini sendiri hadir untuk perangkat smartphone kelas menengah namun kinerjanya tak kalah dengan processor kelas premium.

Terkait dengan processor terbaru MediaTek seri-P ini sendiri, Helio P memang salah satu processor andalan sang perusahaan selain rentang Helio X untuk smartphone kelas atas. Chipset MediaTek Helio P80 ini sendiri akan menjadi ‘langkah besar’ MediaTek untuk menghasilkan processor premium dengan harga medium dimana mengawalinya dengan menghadirkan dalam Oppo R19 Pro.

Smartphone Oppo R19 Pro sendiri akan menjadi generasi penerus Oppo R17 Pro yang belum lama ini dirilis. Lantaran mendapatkan skor tinggi diduga performa yang dibawakan sangat bertenaga dan mumpuni bahkan setingkat dengan processor premium. Untuk itulah MediaTek Helio P80 SoC kemungkinan juga akan dibekalkan dalam smartphone kelas menengah lainnya dari vendor lain. Untuk itu, nantikan saja kabar terbaru selanjutnya.

Baca Juga Smartphone Bertenaga MediaTek Sejutaan Ini Laris Manis di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.