Cara Menghapus Aplikasi Malware di Android Paling Mudah dan Aman

0
2049
Aplikasi Malware Detected
Aplikasi Malware Detected Copyright©CNN

Cara Hapus Malware Android

Oketekno.com – Pertumbuhan jumlah pengguna Smartphone Android semakin meningkat. Disisi lain, pengguna juga merasa terancam lantaran sistem operasi ini memiliki sifat open source, alias siapa saja dapat mengembangkannya. Dan ini merupakan kesempatan yang baik bagi para penjahat menginfeksi Smartphone tersebut.

Meski Google sudah meningkatkan sistem keamanan untuk OS besutannya ini, akan tetapi aplikasi malware tetap masih ada yang berkeliaran. Selain itu, masih banyak juga para pengguna Android yang menjadi korban dari file jahat seperti ini.

Simak Nih: Cara Lengkap Sembunyikan Diri di WhatsApp Tanpa Aplikasi Lain

Mungkin kalian menjadi salah satu korban yang tengah terserang Malware? Segera atasi permasalahan tersebut dengan cara menghapus program yang menginfeksi. Belum tau caranya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Google Play Store
Google Play Store Copyright©Beritabali
  • Matikan Smartphone yang Terinfeksi

Kalau memang kalian menemukan tanda Smartphone telah disusupi Malware, segera matikan ponsel. Dengan begitu pergerakan Malware bakal terhambat dan selama perangkat mati, kalian harus ingat aplikasi apa yang dicurigai telah membawa Malware berbahaya ini. biasanya, aplikasi yang paling sering membawa adalah dari luar Play Store, jadi waspada dan berhati-hatilah jika kalian mengunduh aplikasi dari pihak ketiga.

Ketahui Yuk: Awas, Deretan Aplikasi Android Paling Populer Ini Terbukti Curi Data Penggunanya

  • Masuk Dalam Mode Safe Mode

Beberapa Smartphone Android menyediakan akses ke mode aman lebih mudah. Biasanya pilihan mode aman akan muncul setelah tombol power ditekan selama beberapa saat. Ketika berada dalam mode ini, maka perangkat akan membatasi koneksi yang ada sehingga pergerakan malware pastinya juga lebih terbatas. Kalau memang opsi ini tidak ada, airplane mode bisa jadi alternatifnya.

  • Cari Aplikasi Pembawa Malware

Setelah kalian berhasil memasuki mode aman, selanjutnya yakni segera cari aplikasi yang terindikasi membawa malware tersebut, caranya yakni lewat menu setting dan cari pilihan “apps”. Setelah itu, kalian nantinya akan mendapati aplikasi apa saja yang telah terpasang dalam perangkat. Silahkan pilih aplikasi yang dicurigai dan klik “Force Close”, kemudian pilih “Uninstall”.

  • Hapus Aplikasi yang Dicurigai

Tidak hanya aplikasi asing, beberapa aplikasi populer sekalipun juga bisa menjadi malware. Untuk itu, lepas juga setidaknya 1 atau 2 aplikasi yang terpasang sebelum deretan aplikasi asing terinstall di Smartphone kalian. Selain itu, biasanya ada beberapa Malware yang tidak mau dihapus, maka cara mengatasinya adalah masuk ke menu setting dan pilih “Lock Screen and Security”, setelah itu pilih “Other Security Settings” dan pilih “Phone Administrator”.

Seperti itulah guys Cara Hapus Malware Android yang telah menginfeksi Smartphone kita. Selamat mencobadan semoga berhasil.

baca juga: Tak Disangka! Aplikasi Android yang Sering di Install Ini Ternyata Malware, Google Aja Ketipu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.