Ternyata Ini Alasan Sebenarnya Facebook Akuisisi WhatsApp dan Onavo

0
307
Facebook WhatsApp
Facebook WhatsApp Copyright©aitinesia

Akusisi WhatsApp Oleh Facebook 

Oketekno.com – Belum lama ini telah terungkap sebuah dokumen rahasia yang memuat catatan bahayanya WhatsApp untuk bersaing dengan Facebook. Data tersebut telah memuat grafik serta kumpulan dari berbagai macam dokumen yang dirilis oleh Komite parlemen digital, budaya, media dan juga Olahraga (DCMS).

Sebagaimana informasi yang dilansir dari laman buzzfeednews.com, email dan grafis rahasia Facebook yang baru saja dipublish ini telah mengungkap alasan sebenarnya CEO Mark Zuckerberg rela untuk menghabiskan uangnya untuk aplikasi pesan instant yang kini begitu populer tersebut.

Simak Nih: Cara Hubungkan Twitter ke Akun dan FansPage Facebook

Berbulan-bulan pihak Facebook telah melakukan pelacakan terhadap layanan WhatsApp menggunakan Onavo, VPN serta beragam analisis data. Dan ternyata hasil analisanya ini menunjukkan kalau W.A pada saat itu tidak hanya memiliki tingkat perkembangan yang pesat saja, melainkan juga berpotensi untuk merebut popularitas FB.

Facebook Akuisisi WhatsApp
Copyright©artit sawawa

Dokumen tersegel ini telah diserahkan kepada oleh pengembang aplikasi yang saat ini tengah menuntut Facebook di pengadilan California kepada DCMS. Dari dalam dokumen ini, praktik yang sebelumnya tidak diketahui publik akhirnya terungkap. Selain itu, dijelaskan pula adanya daftar putih yang memungkinkan mitra aplikasi besar itu mendapatkan keuntungan tersendiri.

Ketahui Yuk: Trik Melihat Kembali Status, Foto & Pesan di Facebook yang Sudah Dihapus

Meski belum pernah diterapkan, akan tetapi Mark Zuckerberg juga pernah mempertimbangkan untuk memberikan akses kepada para pengembang untuk mengetahui data para penggunanya. Namun sampai kini Bos Facebook masih belum melakukannya sehingga pertumbuhannya semakin pesat, dan bahkan kini telah melampaui aplikasi populer lainnya seperti Tumblr, Vine, hingga Google+ melalui peramban di Pinterest.

Facebook selalu menggunakan Onavo untuk melakukan analisa terhadap para kompetitornya, akan tetapi permasalahannya data ini tidak eksklusif, melainkan bisa dilihat dan digunakan secara bebas oleh semua kalangan. Namun pada bulan Oktober 2013 silam raksasa sosial media ini telah mengakuisisinya dengan harga US$ 100 juta.

Setelah akuisisi ini maka Onavo menjadi alat pribadi Facebook yang bisa digunakan untuk melacak penggunaan aplikasi dan tren aplikasi meski masih dalam tahap awal sekalipun. Dan Facebook juga bisa mengetahui perkembangannya lebih awal ketimbang orang lain. Dan pada akhirnya timbullah akuisisi WhatsApp pada bulan Februari 2014 silam dengan harga US$ 19 miliar.

baca juga: Cara Memantau Lokasi Pacar Secara Langsung Melalui Facebook Messenger

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.