Tak Disangka! Ternyata Main Game Bisa Datangkan 3 Manfaat Ini

0
871
Bermain Game
Bermain Game Copyright©Hipwee

Manfaat Main Game 

Oketekno.com – Bermain game memang begitu seru dan menyenangkan, tidak hanya sekedar menjadi hiburan semata saja sebab ada beberapa kalangan yang justru memanfaatkan hobi bermain game-nya ini sebagai prestasi untuk meraih juara dalam kompetisi e-Sport atau mungkin menjadi streamer and vlogger untuk game tertentu guna mendapatkan penghasilan.

Mungkin sampai sekarang masih banyak kalangan yang menganggap kalau kebanyakan bermain game itu adalah hal buruk, mematikan otak, sia-sia, dan banyak pendapat lainnya. Akan tetapi apakah itu benar sepenuhnya? Tentu saja tidak.

Simak Nih: AlchemiaStory, Mobile Game Online Petualangan 3D Penuh Fantasy

Masih ada beberapa dampak positif dari bermain game tersebut. Sebagaimana informasi yang didapat dari Medical Daily, berikut 3 manfaat dipandang dari sisi Psikologis.

  1. Dampak Terhadap Gender

Dewasa Main game
Copyright©Womantalk

Dr. Yawen Sun yang merupakan ahli radiologi diagnostik di Ren Ji Hospital Shanghai, Tiongkok telah menyebutkan kalau peran kendali impulsif menjadi salah satu alasan mengapa godaan bermain game sulit untuk ditolak, dan ini lebih sering dialami oleh Pria. Dalam keterangan Dr Sun telah disebutkan kalau “Pria lebih menunjukkan kelemahan kontrol impulsif ketimbang wanita, tetapi kontrol impulsif pria membaik secara bertahap.”

  1. Hadiah dan Kesehatan Mental

California State University melakukan percobaan untuk meneliti anak muda yang bermain game dan disimpulkan kalau dengan bermain gim, bisa mengaktifkan bagian otak yang berhubungan dengan hadiah alias reward. Para pemain yang lebih muda memang lebih sensitif, akan tetapi sistem penghargaan ini justru menjadi hal yang baik bagi mereka.

Ketahui Yuk: LEGO Juniors Create & Cruise, Mobile Game Online Petualangan 3D Seru dan Menyenangkan

Akan tetapi jika tidak mampu dikendalikan bisa mengakibatkan perubahan otak yang membuat mereka rentan terhadap bentuk kecanduan lainnya. Meski begitu, Psikolog Dr. Michael Fraser telah menyebutkan kalau bermain gim menjadi sebuah mekanisme untuk mengatasi berbagai macam masalah mental remaja, seperti kecemasan, depresi hingga gangguan belajar. Intinya kalau bisa memperlakukan dengan tepat, bermain gim adalah sesuatu yang baik untuk membentuk mental yang kuat.

  1. Otak Lebih Santai

Rilex
Copyright©OKezone

Mark Griffiths yakni seorang profesor studi perjudian yang ternyata salah satu ladang keilmuan psikologis dari Nottingham Trent University di Inggris ini telah menyebut kalau ada manfaat dari bermain gim. Ia mencontohkan beberapa game shooter dan petualangan yang justru membuat otak lebih rileks.

Tidak hanya itu, Griffiths juga mengklaim kalau bermain game strategi bisa memacu kecepatan reaksi, memperbaiki memori, kemampuan penalaran dan kesadaran spasial. Disisi lain, tim ilmuwan dari University of Wisconsin-Madison juga mendapatkan hasil dari penelitian game Adventure “Crystals of Kaydor”. Tim ini menemukan fakta kalau anak-anak jadi lebih berempati.

Itulah guys 3 manfaat bermain game yang dilansir dari para ahli Psikologi terkemuka.

baca juga: Sudah Terduga! Ini Dia Game Android Terbaik 2018 di Play Store

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.