Dipercepat, Google+ Bakal Berakhir Awal Tahun 2019?

0
896
Google+
Copyright©ID techinasia

Google+ Ditutup 

Oketekno.com – Beragam informasi tentang penutupan sosial media Google+ sudah mulai terdengar sejak beberapa bulan yang lalu. Akan tetapi secara mengejutkan kemarin ada informasi yang menyebutkan kalau penutupan sosmed milik Google ini bakal dipercepat. Tentu ini merupakan kabar yang tidak mengenakkan bagi para pengguna G+.

Awalnya dikabarkan kalau layanan Google Plus bakal ditutup pada bulan Agustus 2018, akan tetapi kini informasi terbaru menyebut kalau layanan ini sudah tutup usia bulan April 2018. Alasan dari penutupan ini tidak lain dikarenakan adanya celah keamanan alias bug pada layanan tersebut, selain itu pertumbuhan penetrasinya sendiri juga tidak sesuai dengan ekspektasi developer.

Simak Nih: Fitur Call Screen Akhirnya Hadir di Seluruh Ponsel Pixel Series

Sebelumnya telah disebut kalau bug ini telah membocorkan 500.000 data penggunanya. Dan kejadian ini juga sudah terjadi selama 3 tahun, mulai dari 2015 hingga 2018. Google selaku penanggung jawab awalnya sudah menambal bug tersebut, akan tetapi muncul bug baru lagi pada antarmuka pemograman aplikasi (API) Google+.

G+ Delete
G+ Delete Copyright©TribunNews

Dengan adanya bug baru ini nantinya bisa mengancam 52.5 juta data privasi pengguna yang terafiliasi dengan aplikasi berbasis API tersebut. Vide President of Product G Suite bernama David Thacker telah mengatakan kalau “Kami menemukan ada implikasi ke para pengembang, tetapi kami juga akan memastikan perlindungan untuk pengguna,”

Sebagaimana informasi yang didapat dari VentureBeat, Pihak Google tidak hanya bakal melakukan penutupan Google Plus lebih cepat saja, akan tetapi juga bakal mematikan sementara API Google+ dalam kurun waktu 90 hari kedepan karena perlu dilakukan beragam perbaikan sebelum akhirnya diluncurkan kembali dan siap digunakan untuk publik.

Untuk memperbaiki bug seperti ini memang tidak membutuhkan waktu lama, Raksasa mesin pencarian ini hanya membutuhkan waktu sepekan saja untuk memperbaikinya. Bug yang terdeteksi pada tanggal 7 Nopember 2018 itu telah pulih kembali pada tanggal 13 Nopember 2018. Namun apa yang bakal terjadi tahun 2019 mendatang terhadap Google Plus? Kita nantikan saja informasi selanjutnya.

baca juga: Google Pastikan Tutup Layanan Chat andalannya satu Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.