Jutaan Foto Pengguna Facebook Terancam Karena Masalah Ini

0
795
Facebook Bug
Copyright©13abc

Foto Pengguna Facebook Terekspos 

Oketekno.com Permasalahan yang menimpa platform sosial media paling populer, Facebook seakan tidak berhenti untuk terkena masalah, khususnya mengenai data privasi yang terjadi oleh para penggunanya. Masalah baru yang tengah mengancam privasi para penggunanya kali ini yakni terjadi pada API layanan tersebut.

Bug baru pada API (application program interface) telah mengalami malfungsi terhadap unggahan foto. Melalui laman resminya, pihak raksasa sosial media tersebut telah memberikan penjelasan kalau masalah ini berkaitan dengan pemberian akses foto fb oleh para penggunanya melalui aplikasi yang terhubung dengan platform miliknya.

Simak Nih: Cara Hapus Postingan Lama di FB dan Twitter

Dengan adanya permasalahan yang terjadi tersebut, maka sebanyak 6.8 juta foto pengguna Facebook bisa diakses oleh para pengembang aplikasi pihak ketiga yang terhubung ke FB tanpa izin terlebih dahulu terhadap penggunanya. Diperkirakan untuk jumlah aplikasi yang tak sengaja mendapatkan akses foto ini yakni sebanyak 1.500 aplikasi.

Bug Facebook
Copyright©Sky News

Bukan hanya sekedar foto yang sudah di share ke publik saja yang bisa dilihat oleh para pengembang aplikasi, melainkan foto-foto pribadi yang tidak di publikasikan juga bisa dilihat. Bahkan foto di Facebook Marketplace dan Stories juga bisa diketahuinya.

Ketahui Juga: Facebook Niat Banget Intai Penggunanya, Ini Buktinya!

“Saat seseorang pengguna memberi izin kepada aplikasi untuk mengakses fotonya di FB, kami biasanya hanya memberikan akses ke foto-foto yang memang sudah dibagikan pengguna melalui linimasanya. Bug terkait menyebabkan para pengembang aplikasi bisa ikut melihat foto lain… bug juga berdampak pada foto yang diunggah ke Facebook tapi kemudian urung dipublikasikan oleh pengguna,” Seperti itulah pengumuman yang diberikan oleh pihak FB melalui blog resminya.

Akan tetapi permasalahan ini sekarang sudah teratasi, namun untuk kebocoran foto ini telah berlangsung cukup lama yakni hingga 12 hari. Untuk kedepannya, pihak Facebook memiliki rencana untuk memberikan notifikasi terhadap jutaan pengguna yang terdampak dan tools untuk para pengembang mengetahui apakah para penggunanya terdampak masalah serupa atau tidak.

baca juga: Cara Agar Smartphone Tidak Dipenuhi Notifikasi dari FB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.