Deretan Fitur Baru Smartphone yang Eksis di Tahun 2018

0
792
Huawei Smartphone
Copyright ©Zing Gadget

Fitur Baru Paling Populer di 2018 

Oketekno.com – Di tahun 2018 ini cukup banyak perubahan yang terjadi di perangkat Smartphone, mulai dari fitur hingga tampilan desainnya yang unik dan beda dari perangkat lainnya. Berkat adanya berbagai fitur yang semakin canggih dan modern, maka pengguna bisa menggunakan ponsel miliknya dengan lebih nyaman.

Sedangkan untuk tampilannya yang lebih stylish dapat membuat penggunanya lebih PD dan bergaya untuk menggunakannya. Lalu, dari berbagai pembaruan yang dilakukan, apa saja sih yang paling trending? Sebagaimana yang kami rangkum dari Liputan6, sebagai berikut.

Simak Nih: Samsung Persiapkan Smartphone dengan Baterai 5.000 mAh?

  1. Notch

ASUS Zenfone Max Pro M2 Indonesia
Copyright©Gadgetren

Pertama kali hadir di iPhone X dan terus mengalami perkembangan di tahun 2018 ini, sebagian besar perangkat Android lebih memilih untuk menggunakan poni dengan ukuran lebih kecil karena hanya untuk letak kamera selfie saja, namun masih ada beberapa yang menggunakan poni besar karena memang bertujuan untuk tempat sensor 3D Face Recognition.

Tidak hanya mengalami perubahan ukuran saja, melainkan perubahan bentuk juga terjadi dengan poni tersebut. Dan yang paling terakhir kemarin lalu dan kini menjadi idaman adalah layar berkonsep waterdrop display, berbentuk mungil layaknya tetesan air. Contoh populer OPPO F9.

Ketahui Yuk: Lenovo Z5 Pro GT Resmi Dirilis, Jadi Smartphone Snapdragon 855 Pertama di Dunia!

  1. Gradient Colour

Huawei P20 Series
Copyright ©nabdapp

Bukan lagi 1 warna yang pasti, sebagian besar Smartphone yang rilis di tahun 2018 ini hadir dengan warna gradasi yang cantik, perpaduan antara dua warna yang begitu mengesankan sehingga dapat terjadi perubahan warna ketika dilihat dari sudut berbeda, lantaran efek cahaya.

Untuk konsep desain seperti ini awal pertama dipopulerkan oleh Huawei P20 series dengan warna Twilight, perpaduan warna ungu dan biru. Kemudian banyak vendor yang mulai mengikuti, diantaranya yakni seperti Xiaomi Mi 8, Honor 8X, OPPO F9, Vivo V11 Pro dan masih banyak lagi lainnya.

Simak Juga: Harga Samsung Galaxy A8s dan Spesifikasi, Smartphone dengan Layar Berlubang Pertama

  1. Fingerprint di Layar

Harga Oppo R17 Terbaru
Copyright ©XDA Develepers

Teknologi ini pertama kali dihadirkan di Vivo X21 UD, kemudian diikuti oleh berbagai vendor lainnya. Awalnya memang diperkirakan kalau Apple bakal jadi brand pertama yang mengusung konsep tersebut melalui iPhone X, namun gagal.

Dikarenakan harga produksi yang cukup mahal, maka fingerprint scanner masih sebatas ponsel kelas menengah hingga atas saja yang dapat menikmatinya. Salah satu produk yang menggunakan teknologi ini dan siap rilis di Indonesia adalah OPPO R17 Pro.

Ketahui Juga: Smartphone Misterius dengan RAM 10GB di GeekBench ini Diduga Vivo Z3 Pro!

  1. Game Boost

GPU Turbo Huawei P10
Copyright ©Teech

Melalui fitur ini, maka pengguna bisa mendapatkan performa Smartphone yang lebih cepat dan responsif, peningkatan yang bakal terjadi ketika pengguna bermain game diantaranya yakni pada bagian koneksi internet, efisiensi baterai, dan kualitas grafis. Biasanya untuk fitur ini terdapat pada smartphone berteknologi AI.

  1. Fast Charging

OPPO F9 VOOC Flash Charge
Copyright ©Kompas

Fitur ini merupakan salah satu yang paling penting dari semuanya, pasalnya dengan pengisian daya cepat pengguna bisa mendapatkan ponsel miliknya terisi penuh dalam waktu yang singkat. Model terbaru yang rilis di Indonesia dengan pengisian daya super cepat adalah OPPO Find X dan OPPO F9 Pro.

baca juga: 5 Merek Smartphone Terlaris di Lazada 12.12, Juara yang Tak Disangka-sangka!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.