Intip Yuk Kehebatan Chipset MediaTek Helio P35 yang Tertanam di Xiaomi Mi Play!

0
1923
Copyright ©Revu

Daya Tarik MediaTek Helio P35 dalam Xiaomi Mi Play!

OKETEKNO.COM  – Belum lama ini pabrikan smartphone Xiaomi  baru saja meluncurkan smartphone android terbaru di penghukung tahun 2018. Perangkat tersebut adalah Xiaomi Mi Play yang dilepas dengan harga terjangkau namun menawarkan performa handal dimana dibekalkan chipset anyar MediaTek. Mi Play hadir dengan dipersenjatai oleh chipset MediaTek Helio P35 dimana memiliki keistimewaan tersendiri. Lantas apa sih daya tarik utama dari chipset anyar MediaTek ini?

Memang untuk saat ini satu-satunya bocoran yang sempat beredar terkait chipset Helio P35 ini mencuat pada tahun 2016 silam. Pada bocoran tersebut diungkapkan bahwa chipset MediaTek Helio P35 akan diproduksi menggunakan teknologi fabrikasi 10 nanometer dimana dijadwalkan kehadirannya akan diperkenalkan pada kuartal ketiga tahun 2017.

Baca Juga Xiaomi Cetak Rekor Dunia Baru dengan Mi Play, Ini Hasilnya!

Namun nyatanya bocoran tersebut tidak terbukti kebenarannya. Bukan hanya tidak terbukti terkait waktu peluncurannya namun juga ssalah pada teknologi fabrikasi yang digunakan. Perlu diketahui chipset Helio P35 pada Xiaomi Mi Play ini membawa processor Octa-core yang dibangunn dalam teknologi FinFET 12 nanometer besutan TSMC.

Yang cukup menarik adalah, processor 8 inti yang dibawakan semuanya adalah core Cortex-A53 dimana menawarkan clock speed 2.3 GHz responsif. Perlu diketahui, selain MediaTek Helio P35 juga ada chipset besutan Qualcomm yakni Snapdragon 630 yang menggunakan jenis dan jumlah core sama namun menawarkan clock speed lebih rendah yaitu 2.2 GHz.

MediaTek Helio P35
Copyright ©Gizmochina

Perlu diketahui, chipset MediaTek Helio P35 dalam Xiaomi Mi Play ini mampu menawarkan performa yang lebih baik dan handal. Chipset ini juga mampu meminimalisir pemakaian baterainya sehingga mampu menghasilkan daya tahan baterai lebih lama. Hal itu tak terlepas dari chipset Helio P35 yang menggunakan teknologi fabrikasi 12 nanometer berbeda dengan Snapdragon 630 yang dibangun dalam teknologi fabrikasi 14 nanometer.

Terkait pengolah grafis yang dibawakan, chipset MediaTek Helio P35 dalam Xiaomi Mi Play ini membawakan dukungan GPU PowerVR GE8320. GPU tersebut masih sama persis dengan kartu grafis pada Helio P22 namun clock speednya jauh lebih tinggi yakni mencapai 680 MHz. Bukan hanya itu saja, MediaTek juga meyakinkan bahwa Helio P35 ini mendukung resolusi layar FullHD+ dengana spek rasio 20:9.

Baca Juga Melihat Bocoran Awal Smartphone Android Go Pertama Xiaomi

Daya tarik chipset MediaTek Helio P35 ini juga tak sampai disitu saja. Chipset terbaru MediaTek ini juga mendukung RAM LPDDR3 dan LPDDR4x dengan RAM 4GB serta 6GB juga eMMC 5.1. Sementara untuk kebutuhan fotografi, Helio P35 ini mampu mendukung kamera ganda 13 MP juga didukung kamera selfie berkekuatan 25 MP dilengkapi fitur Bokeh, EIS dan RSC.

Bukan hanya itu saja, chipset MediaTek Helio P35 ini juga mendukung fitur AI Face ID, album foto pintar dan juga pengurangan noise multi-frame. Chipset ini juga mempunyai kemampuan fitur WiFi Dual Band, Bluetooth 5.0, VoLTE dan ViLTE. Namun hingga kini selain Xiaomi Mi Play, pihak MediaTek belum memberikan konfirrmasi smartphone apa saja yang akan mengadopsi chip Helio P35 ini. Nantikan saja kabar terbarunya.

Baca Juga Xiaomi Rilis Pocophone Baru Hari Ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.