YouTube Kena Protes Karena Melanggar Peraturannya Sendiri

0
3083
YouTube
Copyright ©Business Insider

YouTube Diprotes YouTuber 

Oketekno.com – YouTube belum lama ini telah mendapatkan kritikan keras dari salah satu YouTuber ternama dengan ciri khas domino miliknya. Ya, kritikan tersebut tidak lain dikarenakan pihak streaming media paling populer di Dunia tersebut diketahui telah melakukan pelanggaran terhadap peraturan miliknya sendiri.

Kejadian perusahaan besar melakukan pelanggaran terhadap peraturannya sendiri bukan terjadi kali ini saja, melainkan kemarin lalu Apple diketahui juga melakukan pelanggaran dimana pihaknya telah mengirimkan notifikasi beriklan terhadap pengguna iPhone, padahal jelas-jelas pihak pengembang tidak diperkenankan untuk melakukan hal tersebut sebagaimana yang tercantum pada laman kebijakan App Store.

Simak Nih: Cara Mengetahui Link Video di Aplikasi YouTube

Dan kali ini terjadi pada YouTube dimana pihaknya melanggar konten hak milik. Beberapa bulan yang lalu pihak pengembang media streaming ini memberikan pengumuman kalau pihaknya ingin mengurangi konten duplikat, video yang diunggah pengguna lain tanpa mengubah unsur video yang dimuat di dalamnya.

Hevesh YouTuber Domino's
Copyright ©Twitter

Sepertinya peraturan tersebut tidak diterapkan oleh pihak YouTube sendiri. Jadi, belum lama ini platform tersebut telah mengunggah video Natal pada laman Twitter resmi miliknya. Akan tetapi video yang dicantumkan itu bukan buatannya sendiri, melainkan dikombinasikan oleh video dari YouTuber Hevesh.

Ketahui Yuk: Cara Download Video Pada Menit Tertentu di YouTube

Akan tetapi sayangnya dalam video tersebut, tidak tercantum identitas Hevesh selaku kreator yang membuat video tersebut maupun memberikan credit. Tentu saja, hal ini membuat Youtuber tersebut kecewa. “Sangat senang melihat kartu Christmas domino e-card saya digunakan. Namun, saya agak kecewa YouTube mengambil video saya dan mengunggahnya kembali tanpa kredit sama sekali,” ungkap Hevesh melalui akun Twitter resmi miliknya.

“Saya hanya tidak paham. YouTube membuat Content ID untuk melindungi pencuri yang melakukan freebooting video mereka. Namun, di sini mereka mengunggah kembali karya orang untuk tujuan promosi (tanpa) kredit apa pun,” keterangan lanjutannya seperti yang dilansir dari laman Ubergizmo.

Dan semenjak saat itu, YouTube sendiri telah meminta maaf karena pihaknya mengaku kalau lupa untuk memberikan kredit kepada Hevesh.

baca juga: Berbagai Jenis Konten Video YouTube Paling Populer 2018, No. 3 Butuh Kesunyian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.