Jumlah Pengguna Facebook Menurun, Sosmed Inilah yang Mulai Merangkak Naik

0
1469
Facebook Warning
Copyright ©Daily Express

Sosial Media Selain Facebook Panen Pengguna 

Oketekno.com – Setiap kalangan tentunya pasti tahu kalau Facebook menjadi salah satu layanan sosial media paling favorit di Dunia. Sejak menjadi raksasa sosmed tahun 2004, jumlah penggunanya terus mengalami kenaikan hingga tahun 2018. Dan permasalahan besar pun terjadi sehingga menyebabkan layanan milik Mark Zuckerberg itu mengalami penurunan cukup signifikan.

Terhitung hingga bulan Oktober 2018 kemarin, jumlah pengguna Facebook yang masih aktif berkisar 2.27 miliar, alias hampir 30% populasi manusia di bumi ini terbukti masih membutuhkan layanan Fb. Tentu saja dengan jumlah yang sebesar itu, platform lain seperti YouTube, Instagram, Tumblr, Twitter, Pinterest dan semacamnya, terbilang kecil.

Simak Nih: Cara Matikan Notifikasi Messenger Untuk Sementara Waktu

Akan tetapi sebenarnya jumlah tersebut sudah mengalami penurunan yang cukup besar. Berdasarkan laporan hasil analisa Statcounter, jumlah penggunanya di seluruh Dunia telah mengalami penurunan dimana awalnya pada bulan Desember 2017 diketahui masih 75.5%, akan tetapi pada bulan Desember 2018 tinggal 66.3% saja.

Sosial Media Stat
Copyright ©Forbes, edited by: Oketekno

Sebagaimana yang bisa kalian lihat sendiri dalam diagram tersebut dimana ketika Facebook terus mengalami penurunan, justru media sosial lainnya telah mulai merangkak naik. Pada bulan Desember 2018 kemarin, Pinterest mencapai 16.3%, Twitter 8.2%, YouTube 4.8%, dan Instagram 1.8%.

Ketahui Yuk: Fitur Unsend Facebook Messenger Mulai Hadir ke Banyak Penggunanya

Kemudian kalau disisir berdasarkan wilayah, Amerika Serikat menjadi salah satu yang paling mencolok, sebab Facebook mengalami penurunan yang begitu drastis, dan Pinterest malah sebaliknya. Masalah skandal penyalahgunaan data menjadi momok bagi para pengguna di wilayah tersebut.

Sebagaimana informasi yang kami lansir dari laman KompasTekno, di wilayah Amerika Serikat sendiri Fb masih berkuasa dengan jumlah pengguna 76% di bulan Desember 2017, akan tetapi pada bulan Desember 2018 jumlahnya hanya 52% saja. Kalau ini terus terjadi, maka Facebook harus bersiap untuk menghadapi Pinterest dan Twitter yang memiliki tingkat kepercayaan cukup baik di AS.

Selain AS, jumlah pengguna Facebook di wilayah lain seperti Asia, Africa dan Eropa juga cukup stabil. Hal itu disebabkan memang kemain lalu soal Cambridge Analytica, korban terbanyaknya berasal dari Amerika.

baca juga: WhatsApp Vs Messenger, Mana yang Lebih Berguna?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.