Cara Mudah Menghitung Kuota Untuk Streaming YouTube

0
628
Streaming YouTube Oketekno
Copyright ©Oketekno

Cara Hitung Kuota Streaming YouTube 

Oketekno.com – Untuk menikmati konten video yang ada di YouTube tentunya kita membutuhkan kuota internet bukan? Nah, kalau menggunakan jaringan WiFi sih mungkin kita tidak perlu khawatir akan kuota, akan tetapi kalau streamingnya menggunakan pake internet maka kapasitas kuota perlu kita pertimbangkan.

Nah, bagi kalian yang ingin super hemat banget maka perlu nih untuk memperhatikan tentang cara mudah menghitung kuota untuk streaming YouTube, jadi kalian bisa tau dan memperkirakan deh berapa sih kuota yang dibutuhkan untuk memutar video tersebut.

Simak Nih: Cara Mengirim Video ke Teman Langsung di Aplikasi YouTube

Sudah pada penasaran kan pastinya? Yuk, langsung saja simak pembahasan lengkapnya mengenai cara menghitung kuota YouTube berikut ini.

Streaming YouTube
Copyright ©TribunNews

Cara Menghitung Kuota Untuk Streaming YouTube

Perlu kalian ketahui bahwa pada dasarnya untuk jumlah kuota 1GB itu bukanlah 1000 MB, melainkan 1024 MB, dengan begitu kalian memiliki jumlah kuota 24 MB lebih besar jika dibandingkan dengan pemikiran kita selama ini. Contohnya saja nih, kalian masih memiliki kuota 4GB, maka jumlah kuota kalian dalam MB adalah 4 x 1024 = 4096 MB.

Untuk mengetahui hal seperti ini sih bisa dibilang cukup penting, dengan begitu kalian bisa memprediksi kapan habisnya kuota saat digunakan streaming nantinya. Lalu, bagaimana mengetahui kuota yang dibutuhkan untuk streaming YouTube?

Ketahui Yuk: Cara Menyimpan Video YouTube Go ke Memori Eksternal Android

Tergantung resolusi sih itu, pada dasarnya kalau kalian dalam mode 144p saja maka jumlah kuota yang dibutuhkan sedikit, akan tetapi kalau mencapai HD jelas pemakaian kuota akan jauh lebih besar. Akan tetapi secara default, aplikasi youtube akan menayangkan pada resolusi 480p. Berikut tabel pemakaian kuota berdasarkan yang kami kutip dari Jalantikus.

Tabel Kuota YouTube
Copyright ©Oketekno, sumber: Jalantikus

Permisalannya nih, ketika sisa kuota internet kalian tinggal 1GB, maka dalam mode 480p kalian bisa menikmati streaming YouTube kurang lebih selama 4 jam 10 menit secara non-stop, tanpa browsing. Akan tetapi kalau ingin lebih lama lagi ya mungkin harus korban kualitas, menjadi 240p misalnya, dalam mode tersebut kalian bisa nikmati streaming hingga 10 jam 10 menitan.

Tapi ini hanya perkiraan paling iritnya ya guys, sebab ponsel Android juga menjalankan beberapa aplikasi lain yang boros kuota juga seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, dan lain sebagainya. Jadi kalau kalian ingin full streaming, nonaktifkan saja aplikasi lain untuk sementara waktu.

Seperti itulah guys cara mudah menghitung pemakaian kuota Saat Streaming YouTube penting untuk kalian ketahui, khususnya bagi yang ingin benar-benar irit nih.

baca juga: Cara Mengunduh Video di YouTube Go dengan Kapasitas Sesuai Selera

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.