Alasan Kominfo Tetap Ijinkan Game Kekerasan Seperti PUBG, Mobile Legends Hingga GTA V

0
699
MOBile LEGEnds Diblokir
Copyright ©KotakGame

Alasan PUBG, Mobile Legends dan GTA V Tetap Aman di Indonesia

Oketekno.com – Informasi Hoax tentang pemblokiran 10 Game fenomenal di Dunia kini mencuat kembali, tentu hal tersebut membuat banyak kalangan gamers merasa was-was sebab kalau permainan kesayangannya sampai diblokir maka tidak ada lagi game yang bisa menghiburnya lagi. 3 diantara 10 game yang paling banyak pemainnya adalah PUBG, Mobile Legends dan GTA V.

Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu mengatakan kalau Kominfo telah membantah dan memberikan penegasan kalau informasi mengenai pemblokiran terhadap 10 game yang disebutkan kemarin itu tidak benar adanya.

Simak Nih: 3 Hal Menarik yang Hanya Bisa Dijumpai di Map Vikendi PUBG Mobile

Informasi mengenai pemblokiran game pada tanggal 31 Januari 2019 yang melibatkan beberapa pihak pemerintahan ini dibuat begitu meyakinkan. Logo paling atas adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, kemudian ada beberapa logo lain di bagian paling bawah, termasuk BKKBN.

Blokir PUBG Mobile Legends dan GTA HOAKS
Copyright ©shutterstock

Namun poster tersebut kini sudah di cap sebagai informasi Hoaks. “Ada sekitar 10 nama permainan elektronik yang disebutkan. Kementerian Kominfo menegaskan bahwa informasi itu tidak benar atau hoax,” ungkap Ferdinandus dalam keterangan tertulisnya kemarin, Kamis (10 Januari 2019).

Ketahui Yuk: Cara Membuat Nickname Mobile Legends yang Unik bin Aneh

Dalam keterangan lebih lanjut, Ia mengatakan kalau pada tahun 2015 dan 2016 kemarin pernah beredar informasi yang mirip dimana mengaitkan pihak Kominfo juga. Memang pihak Kominfo melindungi masyarakat dalam penggunaan produk permainan interaktif elektronik, tapi semua ada batasannya sendiri.

Menurut Peraturan Menteri Kominfo Nomor 11 Tahun 2016 mengenai Klasifikasi Permainan Elektronik, Pihak Kominfo mengembangkan klasifikasi membagi ketentuan penggunaan menurut kategori konten serta usia pengguna. Untuk itulah, kenapa game yang dianggap kekerasan seperti Mobile Legends, PUBG hingga GTA V yang eksterm masih eksis di Indonesia dan terbebas dari pemblokiran.

Untuk kelompok usia ini terbagi menjadi 5, diantaranya yakni usia 3 tahun lebih (1), usia 7 tahun lebih (2), usia 13 tahun lebih (3), usia 18 tahun lebih (4), semua usia (5). Dan beberapa game yang dimaksud dalam daftar pemblokiran ini sudah masuk dalam kelompok permainan 13+ dan 18+, sehingga konten kekerasan dan semacamnya dianggap sebagai hal wajar.

Dan dalam Peraturan Menteri Kominfo yang telah diberlakukan sejak 15 Juli 2016 ini disebutkan kalau masyarakat atau pengguna bisa menyampaikan pengaduan atas hasil klasifikasi melalui igrs.id.

baca juga: Tips Dasar Chicken Dinner di PUBG Mobile yang Harus Pemula Ketahui

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.