Gawat! Pesan WhatsApp Kita Bisa Muncul di Akun Orang Lain

0
536
WhatsApp New Message
Copyright ©Deccan Chronicle

Disebabkan Bug WhatsApp? 

Oketekno.com – Layanan sosial media maupun Dunia Maya lainnya, privasi pengguna harus selalu menjadi yang di prioritaskan alias diutamakan. Setiap platform harus memiliki sistem perlindungan data untuk mencegah data pengguna bocor ke pihak lain. Namun, sebaik apapun fasilitas keamanan yang diberikan bisa saja terjadi bug alias kesalahan.

Sebagaimana yang terjadi pada WhatsApp belum lama ini dimana pesan kita bisa muncul untuk orang lain. Keluhan ini telah diungkapkan oleh pegawai Amazon bernama Abby Fuller melalui akun Twitter miliknya. Ia mengatakan kalau saat melakukan pendaftaran WhatsApp dengan nomor baru, malah langsung mendapati pesan untuk orang lain.

Simak Nih: WhatsApp Bukanlah Aplikasi Pesan Instant yang Terbaik! Ini 4 Alasannya

Bahkan untuk pesan ini sendiri muncul begitu saja dalam bentuk plaintext alias tulisan normal sebagaimana pesan pada umumnya, dan bukan merupakan pemulihan dari backup. “Ini merupakan perangkat baru, bukan bekas. Ini juga bukan SIM bekas. Aku yakin ini bukan pesanku atau grup yang kutambahkan,” ungkap Fuller sebagaimana yang dilansir dari laman Softpedia News.

Whatsapp Stopped
Copyright ©express

Unggahan tersebut tidak lama kemudian langsung ditanggapi oleh warganet lain, dan banyak dari mereka mengatakan kalau dirinya juga pernah mengalami hal tersebut, terutama ketika membuat akun WhatsApp dengan nomor baru.

Ketahui Yuk: WhatsApp Siapkan Fitur Fingerprint Untuk Tambah Keamanan?

Sampai saat ini sejak berita tersebut beredar luas, masih belum ada tanggapan resmi dari pihak WhatsApp. Akan tetapi, sebagaimana analisa yang dilakukan oleh PiunikaWeb dan sejumlah kalangan lainnya, ada kemungkinan kalau permasalahan ini disebabkan oleh adanya bug di layanan pesan instant tersebut.

Perlu diketahui bahwa layanan WhatsApp memiliki kebijakan untuk menghapus seluruh data yang tersimpan, termasuk pesan dari nomor telepon pengguna yang sudah tidak aktif selama 45 hari. Oleh karena itulah, pihak Facebook memberikan saran terhadap para penggunanya untuk menghapus akun terlebih dahulu jika memang berniat sudah tidak ingin memakainya lagi.

“Namun jika kamu (pengguna) tidak menghapus akun dan tidak lagi memiliki akses ke perangkat lawas, tidak perlu khawatir. Jika pemilik baru dari nomor lawasmu mengaktifkan WhatsApp setelah 45 hari, seluruh informasi akun yang terhubung dengan nomor itu akan dihapus,” kebijakan yang ditulis WhatsApp. Jadi, para pengguna disarankan untuk tidak sembarangan gonta-ganti akun dengan nomor baru tanpa menghapus akun di nomor lama terlebih dahulu.

baca juga: Trik Mudah Whatsapp Untuk Hemat Memori Smartphone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.