Terjerat Kasus Dugaan Suap, Saipul Jamil Kembali Diperiksa KPK!

0
581
Saipul Jamil
Copyright ©Kompas

Terjerat Kasus Dugaan Suap, Saipul Jamil Kembali Diperiksa KPK!

Oketekno.com – Pihak penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rencananya akan mengagendakan pemeriksaan lanjutan terhadap pedangdut Saipul Jamil terkait kasus dugaan suap pemulusan perkara di Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang terjadi beberapa waktu lalu.

Saat dimintai keterangan oleh awak media, Jumat (24/3/2017), Juru Bicara KPK, Febri Diansyah menuturkan, “Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai tersangka dalam kasus suap pada panitera pengganti Rohadi di Pengadilan Negri Jakarta Utara.”

Selain Ipul, penyidik KPK juga akan memeriksa sopir pribadi Ipul yang bernama Aminudin. Dalam kasus ini, Amin akan dimintai keterangan sebagai saksi. Pemeriksaan ini bukan pertama kali dijalani oleh Amin, sebelumnya ia sudah sempat diperiksa oleh pihak penyidik pada 12 Januari dan 23 Januari 2017 lalu.

Status Saipul Jamil sendiri kini telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana pemberian suap kepada salah satu Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang bernama Rohadi oleh pihak KPK.

Saipul Jamil
Copyright ©Jawa Pos

Atas perbuatannya ini, Saipul Jamil terjerat Pasal 5 Ayat 1 huruf a atau huruf b atau Pasal 13 UU No 31 Tahun 1999 sebagai mana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pada Juni 2016, KPK melancarkan operasi tangkap tangan di 4 lokasi yang berbeda. Dalam operasi ini, KPK mengamankan BN (Bertha Natalia Ruruk Kariman), K (Kasman Sangaji), SH (Samsul Hidayatullah), R (Rohadi), serta DS (Dolly Siregar) dan 2 orang sopir.

Pihak KPK yang menggelar operasi tangkap tangan ini menduga suap diberikan untuk mempengaruhi majelis hakim terhadap putusan kasus pencabulan yang telah dilakukan oleh Ipul. Terlebih, BN dan K diketahui merupakan pengacara Saipul, sementara SH adalah kakak dari Saipul.

Sebelum terjerat kasus dugaan tindak pidana pemberian suap kepada salah satu Panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara ini, Saipul Jamil sendiri masih berstatus sebagai terpidana kasus pencabulan anak di bawah umur. Akibat perbuatannya ini, ia terancam hukuman penjara selama 3 tahun.

Baca juga

Song Joong-Ki, Saipul Jamil dan Awkarin Sukses Jadi Artis Terpopuler di Pencarian Google Indonesia Tahun 2016!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY