Mengenal Sir John Cornforth, Sosok Ahli Kimia yang Jadi Google Doodle Hari Ini!

0
719
Sir John Cornforth
Copyright ©Google

Mengenal Sir John Cornforth, Sosok Ahli Kimia yang Jadi Google Doodle Hari Ini!

Oketekno.com – Pastinya para penikmat Google kali ini merasa penasaran dengan sosok spesial yang menjadi tema google doodle kali ini bukan ? Bagaimana tidak, jika kalian mengarahkan kursor pada gambar itu maka akan tebaca tulisan Sir John Cornforth. Lalu, siapakah dia ?.

Baca ini :Sosok Zaha Hadid Muncul Jadi Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia Sebenarnya?

Sir John sendiri merupakan seorang ahli kimia. Dimana ilmuwan yang lahir di Sydney 7 September 1917 ini memiliki masalah dnegan pendengarannya sejak remaja. Bahkan di umurnya yang ke 20 tahun ia mengalami tuli total.

Sir John Cornforth
Copyright ©nytimes

Hal inilah yang membuatnya tidak bisa mendengarkan pelajaran yang diajarkan dosennya di kelas. Meski begitu, Sir John dapat mempelajari buku teks kimia secara autodidak selama menempuh pengetahuan di University of Sydney.

Alasan Google menampilkan ciri khas Sir John Cornforth dalam temanya kali ini adalah untuk memperingati hari kelahirannya yang sangat penting. Mengingat semasa karirnya ia telah menyumbangkan jasanya untuk dunia ilmu pengetahuan.

Sebagai seseorang yang berbakat, pada tahun 1975 lalu karya Sir John pada stereokimia reaksi yang dikatalisis enzim sukses memenangkan Nobel Kimia. Tak hanya itu, kisah cinta dalam kehidupannya juga dinilai begitu chemistry.

Baca ini : Mengintip Profil Marshall McLuhan, Sosok yang Muncul dalam Google Doodle Hari Ini!

Bagaimana tidak, sebagai seorang ahli kimia, ia pernah bertemu dengan seorang gadis bernama Rita Harradence yang sama-sama sebagai ahli kimia di kampusnya. Hingga suatu hari Rita meminta tolong kepada Sir John untuk memperbaiki labu laboratoriun yang dipecahkannya.

Sir John Cornforth
Copyright ©Google

Sejak saat itu keduanya mulai merajut kisah romantis hingga pada akhirnya mereka berdua sama-sama medapatkan beasiswa untuk melanjutkan kuliah di Oxford pada tahun 1939. Hingga satu tahun kemudian keduanya memutuskan untuk menikah.

Dari sanalah  Sir John Cornforth mulai bergabung dengan tim dan membuat sebuah gebrakan besar dalam studi penelitian. Ia kembali dianugerahi Nibel pada 1975 berkat penelitiannya tentang struktur tiga dimensi stereokimia dari berbagai reaksi kimia.

Dibantu ileh Vladimir Prelog, Sir John melakukan penelitian untuk enzim yang mengaktifkan perubahan senyawa organik. Sampai pada akhirnya penemuan itu mulai membuka pintu gerbang untuk berbagai  penemuan di dunai sampai saat ini.

Baca juga : Sosok Eduard Khil Diperingati Jadi Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY