Inilah 5 Fakta Asima Chatterjee, Wanita Ahli Kimia Asal India yang Jadi Google Doodle Hari Ini!

0
679
Asima Chatterjee
Copyright ©Google

Inilah 5 Fakta Asima Chatterjee, Wanita Ahli Kimia Asal India yang Jadi Google Doodle Hari Ini!

Oketekno.com – Pastinya hai ini para pengguna Google sedang bertanya-tanya bukan tentang sosok Asima Chatterjee yang dijadikan Google Doodle hari ini ?. Digambarkan sebagai sossok berkacamata dengan rambut daun, Asima adalah seseorang ahli kimia asal India.

Baca ini : Mengintip Profil Marshall McLuhan, Sosok yang Muncul dalam Google Doodle Hari Ini!

Selama menggeluti kimia, Asima sukses membuat obat-obatan untuk beberapa penyakit dari tanaman. Bahkan ia sempat mendapat gelar yang tinggi atas penemuannya ini.

Tentu saja keberhasilan Asima di bidang kimia ini mendapat respon dari Google yang saat ini menjadikan wanita hebat ini sebagai Google Doodlenya untuk merayakan ulang tahun Asima yang ke-100. Lalu, seperti apa sih sosok Asima yang sebenarnya ?.

Yang pertama,  wanita kelahiran 23 September ini merupakan lulusan terbaik dari Scottish Church College. Dari the University of Calcutta, Asima sukses mendapatkan penghargaan di bidang kimia pada tahun 1936 lalu.

Asima Chatterjee
Copyright ©Asima Chatterjee

Yang kedua, dari sejumlah wanita yang ada di Bengal, Asima Chatterjee adalah salah satu yang menggeluti bidang kimia. Namun ia lebih memfokuskan dirinya untuk mendalami tentang kimia organil. Tentunya hal ini snagat spesial mengingat di saat itu belum banyak orang yang terjun ke bidang kimia organik.

Baca ini : Sosok Eduard Khil Diperingati Jadi Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?

Kemduian yang ketiga, salah satu penemuan Asima yang populer dan selalu diingat adalah membuat obat dari tanaman. Bahkan tanaman yang ada di dunia, ia sukses menciptakan obat anti epilepsi dan juga malaria. Bahkan dalam karirnya, wanita asal India juga sempat meneliti Vinca Alkaloid yang dijadikan untuk terapi kanker.

Fakta keempat adalah sosok Asima yang menjadi wanita India kedua yang berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Doctorate of Science. Bahkan ia menjadi yang pertama jali memperoleh penghargana Shanti Swarup Bhatnagar Awards di India.

Dan yang terakhir, Asima Chatterjee meninggal di usianya yang telah menginjak 89 tahun. Meninggal pada 22 November 2006, namun segala penemuan dan dedikasi Asima di bidang kimia masih terus diingat hingga sekarang.

Baca ini : Mengenal Sir John Cornforth, Sosok Ahli Kimia yang Jadi Google Doodle Hari Ini!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY