Bukan Hanya Hapus Dosa Setahun, Ini 3 Manfaat Puasa Asyura Bagi Tubuhmu!

0
787
Puasa Asyura
Copyright©Tribun

Bukan Hanya Hapus Dosa Setahun, Ini 3 Manfaat Puasa Asyura Bagi Tubuhmu!

Oketekno.com – Menginjak tanggal 28-30 September 2017, kini waktunya bagi umat islam untuk melaksanakan puasa Muharram atau Asyura. Bulan Muharram sendiri merupakan  bulan yang disunnahkan untuk memperbanyak puasa.

Baca ini : Begini Bacaan Niat Puasa Idul Adha Lengkap Bahasa Arab Beserta Puasa Sunah Tarwiyah dan Arafah!

Bahkan pahala untuk melaksanakan Puasa Asyura sangatlah tinggi. Nah,,, bagi kalian yang berpuasa maka akan dihapuskan dosa kalian selama satu tahun penuh. Itulah mengapa, selama bulan Muharram, umat islam dianjurkan untuk melakukan kebaikan. Akan tetapi, tahukah kalian apa manfaat Puasa Asyura di bulan Muharram ini ?

Yang petama adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Karena tingginya kadar LDL akan menumpuk di dinding pembuluh nadi coroner yanga kan menyebabkan jantung sulit memompa darah. Itulah mengapa puas adapat menurunkan kadar LDL dalam tubuh.

Yang kedua, puasa dapat mendetoksifikasi atau membuang racun dalam tubuh manusia. Karena tubuh juga butuh istirahat dari kegiatan makan, terutama untuk makanan-makanan sampah yang dikonsumsi.

Yang ketiga, puasa dapat membantu menyehatkan mental kita. Karena sel neuroglical cells akan memakan sel sel neuron yang mati atau sakit.

Puasa Asyura
Copyright©Muslimah

Yang keempat adalah untuk menurunkan kolesterol. Kaena puasa membantu seseorang menghindari makanan siap saji sehingga akan membantu tubuh mengurangi kadar lemak dalam darah.

Baca ini : Catat, Ini Niat dan Keutamaan Puasa Muharram dalam Rangka Memperingati Tahun Baru Islam 2017!

Selain itu, puasa juga dapat membantu seseorang menjadi panjang umur. Banyak mengkonsumsi makanan merupakan salah satu faktor yang meneybabkan penuaan. Karena hal itu dapat memperlambat metabolsime tubuh.

Dan manfaat terakhir, puasa dapat mengurangi berat badan. Puasa adalah salah satu diet alami lantaran seseorang yang berpuasa tidak boleh makan dan minum. Tentu hal ini turut membantu untuk mengurangi porsi makan.

Lalu, bagaimana dengan niat Puasa Asyura ? Nah bagi yang belum tahu, yuk kita simak dibawah ini !.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

“Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747. Shahih dilihat dari jalur lainnya).

Baca juga : Niat Puasa Muharram Hari Asyura, Tasu’a dan Ayyamul Bidh Beserta Tata Cara Menjalankannya!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY