Ini Awal Dicetuskannya Teks Sumpah Pemuda Beserta Bunyi Versi Lengkap!

0
598
Teks Sumpah Pemuda
Copyright©kompasiana

Ini Awal Dicetuskannya Teks Sumpah Pemuda Beserta Bunyi Versi Lengkap!

Oketekno.com – Hari Sumpah Pemuda di peringati setiap tanggal 28 Oktober 2017. Hal itu akan berlangsung pada besok, Sabtu 28 Oktober 2017 oleh bangsa Indonesia. Adanya peringatan ini terjadi pada tahun 1928 yang akhirnya melahirkan Teks Sumpah Pemuda.

Pencetusan Teks Sumpah Pemuda ini dilakukan pada Kongres Pemuda II di Batavia (Jakarta). Adapun sejarah dari lahirnya ini semua yakni Moehammad Yamin sebagai penulis rumusannya. Kala itu ia menulis di atas selembar kertas saat Mr. Sunario tengah berpidato di akhir kongres. Rumusan tersebut pun disetujui oleh Soegondo, dan lantas ditanda tangani.

Saat lembaran rumusan itu diedarkan kepada peserta lain, mereka juga membubuhkan tanda tangan tanda setuju usai dibacakan oleh Soegondo dan dijelaskan oleh M Yamin.

Baca Juga Kocak, Lomba Agustusan Klasik Ini Ternyata Pernah Dimainkan Para Artis Korea di Running Man Lho!

Rumusan itulah yang menjadi tonggak awal Sumpah Pemuda, yang pada akhirnya menjadi langkah pergerakan menuju kemerdekaan Indonesia. Kongres Pemuda II berlangsung dua hari, yakni 27-28 Oktober 1928.

Teks Sumpah Pemuda
Copyright©tekno.tempo

Di akhir kongres, lahirlah cita-cita pada adanya “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”. Rumusan dari Muhammad Yamin itu yang berisikan teks lengkap Sumpah Pemuda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY